Berbakti Kepada Orangtua dengan Cara Bershalawat pada Nabi

0
1043

BincangSyariah.Com – Berbakti kepada orangtua termasuk perintah dari Allah dan Nabi Saw. Begitu juga durhak kepada orang tua termasuk perkara yang dilarang oleh Allah dan Nabi Saw. Terdapat banyak ayat dan hadis Nabi Saw mengenai perintah berbakti kepada orang tua. Di antaranya adalah firman Allah dalam surah Al-Isra’ berikut;

وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.

Dalam hadis riwayat Imam Al-Thabrani dari Abdullah bin Umar, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

بُرُّوا آبَاءَكُمْ تَبُرَّكُمْ أَبْنَاؤُكُمْ وَعِفّوا تَعِفَّ نِسَاؤُكُمْ

Berbuat baiklah kepada orang tua kalian maka anak-anak kalian akan berbuat baik kepada kalian, dan jagalah diri kalian (dari zina), maka istri-istri kalian akan terjaga (dari zina).

Dalam Islam, terdapat banyak bentuk dan cara untuk berbakti kepada orangtua. Mulai dari berbuat baik kepada orang tua, berkata lembut, dan mendoakan. Selain itu, di antara cara berbakti kepada orang tua adalah dengan membaca shalawat kepada Nabi Saw.

Hal ini karena dengan bershalawat kepada Nabi Saw, maka nama kita dan nama orang tua kita akan disampaikan oleh malaikat kepada Nabi Saw. Nama orang tua kita akan diketahui oleh Nabi Saw ketika kita bershalawat kepadanya.

Memperkenalkan nama orang tua kita kepada Nabi Saw dengan cara membaca shalawat merupakan salah satu bentuk dan cara berbakti kepada orang tua.

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari dari Yasir, bahwa Nabi Saw bersabda;

إنّ الله أعطى ملكاً من الملائكة أسماع الخلق ، فهو قائم على قبري إلى يوم القيامة ، لا يصلّي عليَّ أحد صلاة إلاّ سمّاه باسمه واسم أبيه ، وقال : يا محمّد صلّى عليك فلان بن فلان ، وقد ضمن لي ربّي تبارك وتعالى أن أردّ عليه بكلّ صلاة عشراً

Baca Juga :  Ingin Bertemu Nabi Khidir? Baca Salawat Ismul A’dzam Ini

Sungguh Allah telah memberikan salah satu dari para malaikat semua pendengaran makhluk, ia berdiri di atas kuburanku sampai datangnya hari kiamat. Tidaklah seseoang bershalawat kepadaku kecuali ia akan menyebutkan namanya dan nama ayahnya, dan berkata; ‘Wahai Muhammad, fulan bin fulan telah bershalawat kepada anda, dan Tuhanku telah menjamin kepadaku untuk menjawab kepadanya untuk setiap satu shalawat dengan sepuluh shalawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here