Bacalah Doa Ini Menjelang Tidur Agar Selamat dari Siksa di Hari Kiamat

0
533

BincangSyariah.Com – Ada banyak amalan yang dianjurkan untuk kita kerjakan sebelum berenjak tidur. Mulai anjuran untuk berwudhu terlebih dahulu, membaca doa, juga membaca ayat dan surah tertentu. Tentunya semua amalan ini berdasarkan sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw. (Baca: Agar Selamat dari Siksa Hari Kiamat, Bacalah Tasbih Ini di Waktu Pagi dan Sore)

Di antara amalan yang dianjurkan sebelum tidur adalah berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari siksa di hari kiamat. Doa yang dibaca oleh Nabi Saw menjelang tidur agar beliau selamat dari siksa di hari kiamat adalah doa berikut;

اللَّهُمَّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ

Allohumma qinii ‘adzaabaka yauma tab’atsu ‘ibaadaka.

Ya Allah, jagalah (jauhkanlah) aku dari siksaan-Mu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu (yaitu pada hari kiamat).

Doa ini dianjurkan untuk dibaca untuk sebanyak tiga kali. Ini berdasarkan keterangan yang disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Riyadhus Shalihin berikut;

وَعَنْ حُذَيْفَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كَانَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْقُدَ، وَضَعَ يَدَهُ اليُمْنَى تَحْتَ خَدِّهِ، ثُمَّ يَقُولُ: اللَّهُمَّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ. رَوَاهُ التِّرْمِذِي، وَقَالَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ. وَرَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ؛  مِنْ رِوَايَةِ حَفْصَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا، وَفِيْهِ أَنَّهُ كَانَ يَقُوْلُهُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ.

Dari Hudzaifah ra, bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw apabila hendak tidur, beliau meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya, kemudian mengucapkan; Allohumma qinii ‘adzaabaka yauma tab’atsu ‘ibaadaka. (Ya Allah, jagalah (jauhkanlah) aku dari siksaan-Mu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu (yaitu pada hari kiamat).

Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Al-Tirmidzi dan beliau berkata bahwa hadis ini adalah hadis hasan. Juga diriwayatkan oleh Imam Abu Daud yang bersumber dari Sayidah Hafshah, dan di dalamnya disebutkan bahwa Nabi Saw mengucapkan doa tersebut sebanyak tiga kali.

Baca Juga :  Doa Terbaik Shalat Jenazah Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here