Ayat yang Dianjurkan Dibaca Saat Hendak Melaksanakan Shalat

0
87

BincangSyariah.Com – Ketika kita hendak melaksanakan shalat, sebelum melafadzkan niat shalat dan melakukan takbiratul ihram, kita dianjurkan untuk membaca doa-doa dan ayat tertentu sebagai bentuk kesiapan kita menyembah kepada Allah. Menurut para ulama, membaca doa-doa dan ayat tertentu ketika hendak melaksanakan shalat hukumnya adalah sunnah.

Adapun ayat yang dianjurkan untuk dibaca ketika hendak melaksanakan shalat adalah ayat 79 dari surah Al-An’am berikut;

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمآوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

Wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros samaawaati wal ardho haniifam muslimaa, wa maa ana minal musyrikin.

Aku hadapkan mukaku kepada Dzat yang telah menciptakan langit-langit dan bumi, dengan condong  dan berserah diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang musyrik.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Majmu’ah Ahzab wa Awrad Al-Syaikh Al-Akbar Ibnu Arabi berikut;

قراءة هذه الاية قبل الصلاة مستحب: وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمآوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

Membaca ayat ini sebelum melaksanakan shalat hukumnya adalah dianjurkan, yaitu; Wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros samaawaati wal ardho haniifam muslimaa, wa maa ana minal musyrikin (Aku hadapkan mukaku kepada Dzat yang telah menciptakan langit-langit dan bumi, dengan condong  dan berserah diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang musyrik).

Selain itu, di dalam kitab Al-Nujum An-Zahirah fi Al-AzkarHabib Zain bin Sumaith mengatakan bahwa Habib ‘Aidrus bin Umar Al-Habsyi selalu membaca doa ketika hendak melaksanakan shalat dibawah ini. Berikut ini doanya beserta transliterasi dan terjemahan,

اَللَّهُمَّ آتِنِى أَفْضَلَ مَا تُؤْتِيْ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ اِنِّيْ نَوَيْتُ بِذَلِكَ اْلعِلْمَ وَاْلمَعْرِفَةَ وَاْليَقِيْنَ

sAllohumma aatinii afdhola maa tu’tii ‘ibaadakash shoolihiin. Innii nawaitu bidzaalikal ‘ilma wal ma’rifata wal yaqiina.

Ya Allah, berilah aku seutama apa yang Engkau berikan pada hambah-hamba-Mu yang shaleh. Sesungguhnya aku berniat dengan itu pada ilmu, pengetahun dan keyakinan.

Habib Zain bin Sumaith berkata sebagai berikut;

كان سيدنا الامام عيدروس بن عمر الحبشي نفع الله به محافظا عند اقامة الصلاة على قوله: اَللَّهُمَّ آتِنِى أَفْضَلَ مَا تُؤْتِيْ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ ويقول: اِنِّيْ نَوَيْتُ بِذَلِكَ اْلعِلْمَ وَاْلمَعْرِفَةَ وَاْليَقِيْنَ

Sayyid Aidrus bin Umar Al-Habsyi-semoga Allah memberikan manfaat dengannya-saat hendak mendirikan shalat senantiasa mengucapkan; Allohumma aatinii afdhola maa tu’tii ‘ibaadakash shoolihiin. Innii nawaitu bidzaalikal ‘ilma wal ma’rifata wal yaqiina (Ya Allah, berilah aku seutama apa yang Engkau berikan pada hambah-hamba-Mu yang shaleh. Sesungguhnya aku berniat dengan itu pada ilmu, pengetahun dan keyakinan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here