Anjuran Membacakan Surat Muawwizat untuk Buah Hati

0
794

BincangSyariah.Com – Selain membaca doa yang dibacakan Nabi Ibrahim untuk anak-anaknya, Musthafa al-Adawi mengatakan dalam Fiqh Tarbiyah al-Abna disunnahkan pula membacakan Surat Muawwizat lalu meniup kepada kedua telapak tangan dan mengusapkannya ke seluruh badan anak sebanyak tiga kali. Hal ini terinspirasi dari kebiasaan Rasulullah dalam hadis berikut.

    كان صلى الله عليه وسلم إذا اشتكى نفث على نفسه بالمعوذات ، ومسح عنه بيده، متفق عليه

Apabila beliau merasa sakit, beliau membaca Al-Muawwizat lalu meniupkan ke telapak tangannya dan mengusap bagian yang sakit dengan telapak tangan tersebut. Muttafaq alaih.

Ibnu Hajar mengatakan dalam Fathul Bari bahwa yang dimaksudkan dengan Surat Muawwizat adalah surat al-Ikhlas, al-Falaq, an-Naas. Surat al-Falaq dan an-Naas adalah dua surat yang mengandung permohonan perlindungan serta surat al-Ikhlas sebagai bacaan wirid untuk membentengi diri dari pandangan buruk jin maupun manusia.

Seiring berjalannya waktu, orangtua dianjurkan mengajari anak-anak mereka doa-doa tersebut untuk diamalkan sebagai wirid sehari-hari agar mereka senantiasa dalam lindungan Allah Swt.

Baca Juga :  Doa Ketika Memasuki Masjidil Haram


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here