Anjuran Membaca Taawuz Ketika Menguap

0
4142

BincangSyariah.Com – Menguap kerap kali terjadi saat kita mengantuk atau kelelahan. Dalam Islam, menguap termasuk hal yang tidak disukai oleh Allah. Hal ini karena menguap berasal dari setan dan ia berpotensi masuk ke dalam tubuh kita pada saat kita menguap.

Disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Oleh karena itu, bila kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk ber-tasymit (mengucapkan ‘yarhamukallah’). Sedangkan menguap itu dari setan, jika seseorang menguap hendaklah dia tahan semampunya. Bila orang yang menguap sampai mengeluarkan suara ‘haaahh’, setan tertawa karenanya.”

Hadis ini berisi penjelasan bahwa Allah tidak suka pada perbuatan menguap karena hal itu timbul dari setan. Oleh sebab itu, sebagian ulama menganjurkan untuk membaca taawuz ketika seseorang menguap. Hal ini karena menguap berasal dari setan dan cara berlindung dari setan adalah dengan membaca taawuz.

Dalam surah al-A’raf ayat 7, Allah berfirman sebagai berikut;

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ ۚ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Adapun lafadz taawuz yang bisa dibaca ketika menguap adalah sebagai berikut;

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

A’uzu billahi minasy syaithonir rojim.

“Saya berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

Baca Juga :  Doa Mohon Kekhusyukan dalam Ibadah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here