Amalan Ringan Sebelum Shalat Subuh di Hari Jumat

1
3166

BincangSyariah.Com – Ketika masuk malam jum’at, biasanya tradisi di tempat kami para orang tua membakar kemenyan. Niatnya adalah memberikan rasa harum di semua sudut rumah sehingga malaikat rahmat semakin betah. Kerena para malaikat senang pada tempat yang suci, bersih, dan harum.

Pada hari jumat, baik siang atau malam, dianjurkan untuk memperbanyak zikir, baca Al-Qur’an, dan membaca sholawat. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk bersedekah dan melakukan kebaikan yang lain. Semua hal yang baik di luar jum’at, kita tingkatkan lagi saat masuk malam jum’at. Yang biasanya membaca sholawat 100 kali dalam sehari, maka tambah ditingkatkan pada hari jum’at. Yang biasanya sholat witir 3 rokaat, maka sempurnakan sampai 11 rokaat pada malam jum’at. Imam Nawawi berkata dalam Al-Adzkar (h. 80),

ويزاد استحباب كثرة الذكر فيه على غيره ويزاد كثرة الصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم

Wayuzadu istihbabu katsrotidzdzikri fihi ala ghairihi. Wayuzadu katsrotussholatu ala rasulillah Saw.

(Pada Hari Jumat) hendaknya dzikir ditingkatkan. Membaca sholawat juga perlu di-upgrade pada hari jumat.

Intinya, amalan hari jum’at harus dibedakan dengan amalan di hari-hari yang lain. Lebih-lebih pada waktu subuh hari jumat, kita harus mengamalkan sesuatu yang memang diamalkan oleh nabi dan para ulama. Ada amalan ringan sebelum shalat subuh yang biasa dilakukan Nabi Muhammad Saw. di waktu subuh hari jumat,

 استغفر الله الذي لا اله الا هو الحي القيوم واتوب اليه

 Astaghfirullaha alladzi lailaha illa huwal hayyul qoyyumu waatubu ilaihi.

 Hamba memohon ampun Ya Allah. Tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Dia. Dzat yang Hidup, lagi berdiri dengan dzat-Nya sendiri dan aku bertobat padanya.

Amalan tersebut dibaca sebelum sholat subuh di hari jumat sebanyak tiga kali. Faedahnya, dengan membaca amalan tersebut, maka semua dosa akan diampuni walau seperti buih lautan.

Baca Juga :  Lafal Istighfar yang Biasa Dibaca Imam Ahmad bin Idris

Adapun sumber dari amalan tersebut adalah hadits nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Sunni, dari sahabat Anas ra.,

من قال صبيحة يوم الجمعة قبل صلاة الغداة استغفر الله الذي لا اله الا هو الحي القيوم واتوب اليه ثلاث مرات غفر الله ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر

Man qola shobihata yaumil jumu’ati qobla sholatil ghadati “astaghfirullahalladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu waatubu ilaihi tsalatsa marrotin ghafarollahu dzunubahu walau kanat mitsla zabadil bahri.

Barang siapa pada hari Jumat sebelum sholat subuh membaca “astaghfirullahalladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu waatubu ilaihi” sebanyak tiga kali, maka seluruh dosanya akan diampuni walau seperti buih lautan. (Al-Adzkar, Hal. 80)

Allah Ta’ala A’lam.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here