Amalan Agar Sembuh dari Wasir Menurut Ulama

0
7454

BincangSyariah.Com – Adakah amalan agar sembuh dari wasir yang dijelaskan oleh para ulama? al-Baasur atau Wasir adalah penyakit berupa rasa sakit ketika melakukan buang air besar. Penyebabnya bermacam-macam dan biasanya menjangkiti orang yang sudah tua, meskipun tidak menutup kemungkinan bagi yang muda.

Mengutip situs mayoclinic, tidak ada yang bisa memastikan penyebab utamanya tapi diantaranya adalah akibat terlalu menekan ketika buang air besar atau pasca melahirkan. Wasir bisa berupa luka yang terdapat di dalam saluran buang air besar (anus), bisa juga di sisi luarnya.

Syaikh Zainuddin al-Malibari dalam kitab Fath al-Mu’in pernah menyebutkan amalan agar sembuh dari wasir. Amalan tersebut adalah mendawamkan membaca surah al-Insyirah dan al-Fiil pada saat shalat sunnah rawatib, maka insya Allah ia akan sembuh. Berikut redaksinya,

وورد أيضًا فيهما: “الم نشرح لك” و “ألم تر كيف” وإنّ من داوم على قراءتهما فيهما زالت عنه علّة البواسير

dan disebut juga di dalam dua rakaat shalat sunnah, “Alam Nasyrah”/al-Insyirah dan “Alam Tara Kayfa”/al-Fiil, dan yang mendawamkan membacanya di dalam dua rakaat shalat sunnah akan hilang darinya penyakit wasir.

Amalan seperti ini bagus diamalkan dengan niatan sebagai amal baik agar Allah meringankan penyakit yang diujikan kepada kita. Wallahu A’lam.

Baca Juga :  Amalan di Hari Rebo Wekasan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here