Amalan Agar Anak Terbebas dari Berbuat Zina

0
79

BincangSyariah.Com – Siapapun, selama dia adalah muslim yang taat, tentunya mengetahui bahwa hubungan seksual di luar nikah hukumnya haram. Perilaku tersebut dalam bahasa Arab disebut dengan zina. Orang tua yang baik tentunya akan melakukan upaya untuk mendidik anaknya dengan berbagai cara, baik diberikan pemahaman keagamaan yang baik sampai upaya ruhaniah dengan terus didoakan agar anaknya menjadi anak yang shalih dan shalihah, yang jelas terhindar dari perbuatan zina. Bahkan, upaya tersebut telah dilakukan sejak saat di dalam kandungan dan dilahirkan (Lihat: Apa Saja yang Disunnahkan Saat Bayi Dilahirkan?)

Selain disunnahkan dikumandangkan azan di telinga bayi di sebelah kanan dan iqamah di sebelah kiri, ada amalan agar anak terbebas dari berbuat zina yang diajarkan oleh salah seorang ulama mazhab Syafi’i kenamaan di medio abad ke-18, Syaikh Ibrahim al-Baijuri. Dalam kitabnya Hasyiyah al-Baijuri ‘ala Ibn Qasim, ia mengutip amalan yang diijazahkan oleh Syaikh Ad-Dairabi yaitu disunnahkannya membaca surah al-Qadar pada anak yang baru dilahirkan. Salah satu faidahnya adalah agar sang anak terhindar ditakdirkan oleh Allah melakukan zina di sepanjang hidupnya.

فائدة : نقل عن الشيخ الديربى أنه يسن أن يقرأ فى أذن المولود اليمنى سورة إنا أنزلناه، لأن من فعل به ذلك لم يقدر الله عليه زنا طول عمره. قال هكذا أخذناه عن مشايخنا.

Dikutip dari Syaikh Ad Dairobiy bahwa sunah untuk dibacakan pada telinga anak, surat Inna Anzalnahu. Sebab orang yang melakukan ini, Allah tidak akan menakdirkan dia zina sepanjang hidupnya. Ad-Dairobi berkata, demikianlah yang kami dapat dari para guru kami.

Semoga kita semua, keturunan kita, dan siapapun yang kita kenal terhindar dari ditakdirkan melakukan zina dan kemungkaran lainnya. Amiin.

Baca Juga :  Doa Abdullah bin Mas’ud Ketika Sudah Memasuki Gerbang Pasar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here