Agar Terhindar dari Sakit Mata, Ini Doa yang Diajarkan Nabi Khidir

0
12659

BincangSyariah.Com – Sakit mata biasanya disebabkan terpapar debu yang mengandung bakteri. Kotoran mata yang disebabkan sakit mata biasanya membuat kita tidak nyaman dan terganggu. Selain menjaga kebersihan, ada baiknya kita juga mengamalkan doa yang diajarkan Nabi Khidir agar terhindar dari sakit mata. Menurut riwayat dari Nabi Khidir, saat azan berkumandang, dan muazin sudah sampai mengumandangkan asyhadu anna Muhammadar rasulullah, maka kita dianjurkan membaca doa berikut:

مرحبا بحبيبي وقرة عيني محمد بن عبد الله

Marhaban bi habibi wa qurrata ‘aini Muhammad ibni ‘Abdillah

Selamat datang kekasih dan penyejuk mataku, Muhammad bin Abdullah

Saat membaca doa ini, kedua ibu jari atau jempol kita ditempelkan pada mulut. Setelah selesai membaca doa tersebut, tiuplah kedua ibu jari dan diusapkan pada kedua mata.

Doa ini penulis dapatkan dari manuskrip al-‘Uqud al-Durriyyah karya Habib Salim bin Jindan. Menurut Habib Salim, riwayat tersebut terdapat dalam kitab Gharaib ibn Jadid dan Imam al-Jundi dalam kitab Tarikh-nya. Selain itu, doa ini juga tercantum dalam kitab Tanwirul Qulub karya Syekh Muhammad Amin al-Kurdi. Kakek Habib Salim, Habib Ali bin Mushthafa pernah berguru pada Syekh Muhammad Amin al-Kurdi saat bertemu di Madinah.

Selain riwayat dari Ibnu Jadid, doa ini juga bersumber dari Imam Nurud Din al-Khurasani. Dalam kitab Mawahibul Jalil, Syekh al-Hattab al-Raini menyebutkan riwayat mengenai Imam Nurud Din al-Khurasani yang ditemui Rasulullah saw. dalam mimpi karena meninggalkan doa di atas sebagaimana berikut.

Syekh Shadrud Din bin sayyidina al-Shalih Bahaud Din Utsman bin ‘Ali al-Fasi bercerita bahwa dirinya bertemu Imam Nurud Din al-Khurasani di kota Shiraz, Iran. Saat itu, Syekh Shadrud Din berada di dekatnya saat azan sedang berkumandang. Saat muazin mengumandangkan azan sampai pada kalimat asyhadu anna Muhammadar rasulullah, Imam Nurud Din al-Khurasani mengecup kedua ibu jarinya, lalu menempelkannya pada kedua kelopak mata sebanyak dua kali. Ia mengusap kelopak matanya memulai dari bawah bagian mata dekat hidung dan diakhiri bagian mata atas yang dekat alis.

Baca Juga :  Doa Memohon Dianugerahi Taufiq

“Saya memberanikan diri bertanya pada Imam Nurud Din al-Khurasani mengenai amalan tersebut,” kata Syekh Shadrud Din.

“Saya melakukan hal tersebut tanpa didasari pada riwayat hadis. Karena itu, saya tidak lagi melakukan praktik tersebut pada suatu hari. Saya pun mengalami sakit mata dan mimpi bertemu Rasulullah saw.,” cerita Imam Nurud Din al-Khurasani.

“Dalam mimpi itu, Rasulullah bilang ke saya,” lanjut Imam Nurud Din al-Khurasani. “Mengapa kok kamu tidak pernah mengusap matamu lagi saat azan berkumandang menyebut namaku? Kalau kamu mau sembuh, lakukanlah kembali kebiasaan baikmu itu,” pesan Nabi pada Imam Nurud Din al-Khurasani.

“Saya pun terbangun, saya lakukan lagi apa yang Nabi saw. pesankan pada saya. Hingga saat ini, penyakit mata itu tak pernah datang kembali,” pungkas Syekh Imam Nurud Din.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here