Agar Dikaruniai Adab yang Baik, Bacalah Doa Ini

0
59

BincangSyariah.Com – Memiliki adab yang baik merupakan keinginan setiap orang. Selain melatihnya, kita juga harus memohon kepada Allah agar diberikan adab yang baik. Dalam kitab Majmu’ah Al-Ahzab Al-Syadziliyah disebutkan salah satu doa yang dimiliki  Syaikh Ali Wafa. Hizib ini disebut sebagai Hizb Al-Adab, dan faedahnya salah satunya adalah untuk permohonan dikarunia akhlak dan adab yang baik. (Baca: Adab Berpolitik bagi Pemimpin dan Penguasa)

Adapun lafadz doa hizb Al-Adab dimaksud adalah sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ اجْمَعْنَا عَلَى اَهْلِ اْلعِلْمِ وَاْلمَعْرِفَةِ وَاْلِولَايَةِ وَالخُصُوْصِيَّةِ وَاْلاِصْطِفَائِيَّةِ بِحُسْنِ اْلاَدَبِ وَاْلاِخْلَاصِ فِي القَصْدِ وَالتَّوْفِيْقِ فِي اْلمَطَالِبِ وَأَسْالَكَ بِنَا طَرِيْقَ السُّنَّةِ وَجَنِّبْنَا طَرِيْقَ اْلبِدْعَةِ وَوَفِّقْنَا لِلْفَهْمِ عَنْكَ وَحُسْنِ اْلاِعْتِقَادِ بِأَسْماَئِكَ وَصِفَاتِكَ

Artinya:

Allohummajma’naa ‘alaa ahlil ‘ilmi wal ma’rifat wal wilaayati wal khushushiyyati wal ishtifaa-iyyati bihusnil adabai wal ikhlaashi fil qoshdi wat taufiiqi fil mathoolibi wa as-aluka binaa thoriiqos sunnati wa jannibnaa thoriiqol bid’ati wa waffiqnaa lilfahmi ‘anka wa husnil i’tiqoodi bi asmaa-ika wa shifaatika.

Ya Allah, kumpulkanlah kami bersama orang-orang ahli ilmu dan pengetahuan, ahli kewalian, keistimewaan dan pilihan dengan kebaikan adab dan keikhlasan dalam niat, dan pertolongan dalam mencapai tujuan. Aku memohon kepada-Mu, untuk kami, jalan sunnah, dan jauhkan kami dari jalan bid’ah, dan berilah pertolongan pada kami agar bisa memahami-Mu dan memperoleh keyakinan yang baik terhadap nama-nama-Mu dan sifat-sifat-Mu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here