Agar Anak Terhindar dari Zina, Bacalah Surah Al-Qadr Saat Baru Dilahirkan

2
593

BincangSyariah.Com – Zina adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh Allah. Karena itu, kita hendaknya senantiasa memohon perlindungan kepada Allah agar kita dijauhkan dari perbuatan zina. Juga kita harus senantiasa memohon perlindungan dari Allah agar anak-anak dan  keturunan kita dilindungi dari perbuatan zina.

Sebagian masyarakat muslim Nusantara, ketika mereka mengadakan walimatul wiladah atau selametan kelahiran, di antara surah Al-Quran yang dibaca adalah surah Al-Qadr dan Al-Insyirah. Tentunya, mereka juga membaca surah-surah Al-Quran yang lain, seperti surah Yasin, dan lainnya.

Menurut Syaikh Al-Dairabi, manfaat membaca surah Al-Qadr saat anak baru dilahirkan akan menghindarkan anak tersebut dari perbuatan zina selama hidupnya. Oleh karena itu, masyarakat muslim Nusantara membacakan surah Al-Qadr pada saat walimatul wiladah. Itu mereka melakukan dengan harapan agar anak yang baru dilahirkan tersebut terhindar dari perbuatan zina.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Bakr Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

ونقل عن الشيخ الديربي أنه يسن أن يقرأ في أذن المولود اليمنى: (إنا أنزلناه) لأن من فعل به ذلك لم يقدر الله عليه زنا طول عمره.

Dinukil dari Syaikh Al-Dairabi bahwa disunnahkan untuk dibacakan pada telinga kanan anak yang baru dilahirkan surah ‘Innaa anzalnaahu’ (surah Al-Qadr). Karena orang yang melakukan hal tersebut pada anak yang baru dilahirkan, maka anak tersebut tidak ditakdirkan oleh Allah untuk melakukan zina selama hidupnya.

Dalam kitab Hasyiyatul Bajuri, Syaikh Ibrahim Al-Bajuri juga mengutip perkataan Syaikh Al-Dairabi tersebut. Beliau berkata;

نقل عن الشيخ الديربى أنه يسن أن يقرأ فى أذن المولود اليمنى سورة إنا أنزلناه، لأن من فعل به ذلك لم يقدر الله عليه زنا طول عمره. قال هكذا أخذناه عن مشايخنا.

Baca Juga :  Doa Agar Selamat di Hari Perhitungan Amal

Dinukil dari Syaikh Al-Dairabi bahwa disunnahkan untuk dibacakan pada telinga kanan anak yang baru dilahirkan surah ‘Innaa anzalnaahu’ (surah Al-Qadr). Karena orang yang melakukan hal tersebut pada anak yang baru dilahirkan, maka anak tersebut tidak ditakdirkan oleh Allah untuk melakukan zina selama hidupnya. Al-Dairabi berkata, demikianlah yang kami dapat dari para guru kami.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here