Agar Anak Anda Jadi Ulama, Teladani Sikap Ibnu Abbas Ini

1
1513

BincangSyariah.Com – Salah satu sahabat Nabi yang secara khusus didoakan oleh Nabi agar menjadi orang yang alim (faqih) ialah Abdullah Ibnu Abbas atau yang dikenal Ibnu Abbas, ia merupakan putera dari Abbas salah satu paman Nabi Muhammad saw. Ketika Nabi meninggal dunia, ia baru berusia 13 tahun. Dan Ibnu Abbas meninggal dunia di daerah Thaif pada tahun 68 H, dalam usia 71 tahun. Anda ingin agar anak Anda jadi ulama?

Salah satu rahasia Ibnu Abbas menjadi orang yang alim dalam urusan agama, lebih-lebih pakar dalam Alquran, karena ia selalu mengabdi, melayani Nabi, sampai urusan hal yang kecil, misalnya menyediakan air wudu untuk Nabi setelah membuang hajat.

Dalam sebuah hadis yang tertuang dalam kitab Shahih al-Bukhari yang berbunyi:

ﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺩﺧﻞ اﻟﺨﻼء، ﻓﻮﺿﻌﺖ ﻟﻪ ﻭﺿﻮءا ﻗﺎﻝ: «ﻣﻦ ﻭﺿﻊ ﻫﺬا ﻓﺄﺧﺒﺮ ﻓﻘﺎﻝ اﻟﻠﻬﻢ ﻓﻘﻬﻪ ﻓﻲ اﻟﺪﻳﻦ»

Artinya: Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwasanya Nabi sedang membuang hajat, kemudian aku menyediakan air wudu untuk beliau, kemudian Nabi bertanya: siapa yang menyediakan air ini, lalu Ibnu Abbas memberi jawaban bahwa ia yang menyediakan, Nabi lalu mendoakannya agar ia menjadi orang yang alim dalam urusan agama. (H.R. Bukhari).

Dari penjelasan hadis ini, kita mengetahui bahwa Ibnu Abbas seorang yang mendedikasikan hidupnya untuk melayani Nabi. Dari sini beliau mendapatkan keistimewaan yang luar biasa sampai mendapatkan doa khusus dari Nabi, maka dari itu orang yang mau mengabdikan diri untuk Nabi dan ulama, maka insyaallah akan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya seperti yang diperoleh Ibnu Abbas.

Tulisan ini dipublikasikan sebelumnya di Islami.co

Baca Juga :  Anjuran Minta Doa Pada Orang yang Baru Pulang Haji

1 KOMENTAR

  1. […] Kedalaman ilmu tafsir Ibnu Abbas terlihat ketika ia menafsirkan surah An-Nashr. Ketika kebanyakan orang memaknai dan memahami surat tersebut sebagai kabar kemenangan umat Islam, penaklukkan kota Makkah dan ajakan untuk bertasbih serta beristighfar, tidak demikian dengan Ibnu Abbas. Ia melihat berita kesedihan dalam surah ini. Ia memberi tahu para sahabat yang lain bahwa melalui surat ini, Allah menitipkan kabar duka yang tidak akan pernah terlupakan sepanjang masa. Duka ini adalah duka umat Islam semua dan bahkan seluruh makhluk di dunia. Menurutnya akan wafat seseorang yang sangat istimewa, begitu dimuliakan dan dicinta oleh semua makhluk-Nya, Rasulullah Muhammad SAW. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here