Adab Bersin di dalam Islam

1
3938

BincangSyariah.Com – Bersin biasanya akan terjadi pada seseorang yang terkena debu atau sedang mengalami gejala flu. Yakni keluarnya udara yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Lalu apa yang harus diucapkan bagi seseorang yang bersin dan apa pula yang hendaknya diucapkan bagi yang mendengarkannya menurut ajaran Islam?

Salim bin Ubaid r.a. meriwayatkan bahwasannya Nabi saw. bersabda:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ أَوْ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. (رواه احمد)

Jika salah satu dari kalian bersin, maka ucapkanlah Alhamdulillah ala kulli halin (Segala puji bagi Allah atas semua keadaan) atau Alhamdulillahi rabbil Alamin (segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam). (HR. Ahmad)

Abu Hurairah r.a. juga meriwayatkan hadis, Nabi saw. bersabda:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ (رواه ابوداود)

Jika salah satu dari kalian bersin, maka ucapkanlah Alhamdulillah ala kulli halin (Segala puji bagi Allah atas semua keadaan). (HR. Abu Daud)

Berdasarkan hadis tersebut, maka ulama sepakat bahwa bagi orang yang sedang bersin, maka ia disunahkan memuji Allah swt. Minimal ia mengatakan Alhamdulillah. Jika ditambah rabiil alamin lebih baik sebagaimana yang diamalkan oleh sahabat Ibnu Mas’ud. Atau jika ia mengucapkan Alhamdulillahi Ala Kulli Haalin lebih baik lagi sebagaimana yang diamalkan oleh sahabat Ibnu Umar. Bahkan ada yang mengucapkan pujian itu dengan

الحمد لله حمدًا كثيرًا طيبًا مباركًا فيه

Alhamdulillahi hamdan katsiran thayyiban mubaarakan fihi (Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik dan keberkahan di dalamnya).

Adapun bagi orang yang mendengarkan orang lain bersin, maka hendaknya ia mendoakan kebaikan dan keberkahan kepada orang lain tersebut. Syariat mendoakan untuk orang yang bersin ini telah disepakati oleh ulama. Namun mereka berbeda pendapat tentang hukumnya.

Baca Juga :  Baca Tiga Doa dalam Al-Qur'an Agar Enteng Jodoh

Menurut jumhur ulama, hukumnya wajib mendoakan orang yang sedang bersin. Sedangkan menurut imam madzhab Syafii hal itu berhukum sunnah. Hal ini berdasarkan riwayat Abu Hurairah r.a., Nabi saw. bersabda:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مَنْ سَمِعَهُ أَنْ يَقُولَ يَرْحَمُكَ اللَّهُ (رواه الترمذي)

Sungguh Allah menyukai orang yang bersin dan tidak menyukai orang yang menguap. Jika salah satu dari kalian bersin, lalu ia mengucapkan Alhamdulillah. Maka, hak bagi setiap orang yang mendengarkannya mengucapkan yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu). (HR. At-Tirmidzi).

Istilah doa untuk orang yang bersin tersebut di dalam Islam adalah tasymit. Yakni dengan mengucapkan yarhamukallah, jika yang bersin laki-laki. Dan jika yang bersin perempuan, maka mengucapkan yarhamukillah. Sedangkan bagi orang yang bersin membalas dengan mengucapkan yahdikumullah wa yuslihu baalakum (semoga Allah memberikan hidayah padamu dan memperbaiki keadaanmu). Hal ini berdasarkan riwayat Abu Hurairah r.a., Nabi saw. bersabda:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ. (رواه البخاري)

Jika salah satu dari kalian bersin, maka ucapkanlah alhamdulillah. Dan hendaknya bagi saudaranya atau temannya mengucapkan kepadanya yarhamukallah. Lalu jika saudaranya tersebut mendoakan untuknya yarhamukallah, maka hendaknya ia mengucapkan yahdikumullah wa yuslihu baalakum. (HR. Al-Bukhari).

Menurut jumhur ulama memuji Allah ketika bersin berhukum sunnah, dan mendoakan orang yang bersin (tasymit) berhukum wajib. Namun, menurut ulama Syafiiyyah baik berdoa ketika bersin maupun mendoakan orang yang bersin berhukum sunah, terlebih jika orang yang bersin itu tidak memuji Allah, maka ia tidak perlu mendoakan untuk orang yang bersin tersebut. Hal ini berdasarkan riwayat Abu Musa Al-Asy’ari,  Nabi saw. bersabda:

Baca Juga :  Doa Agar Diberikan Pasangan dan Keturunan yang Saleh

«إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَحَمِدَ اللهَ، فَشَمِّتُوهُ، فَإِنْ لَمْ يَحْمَدِ اللهَ، فَلَا تُشَمِّتُوهُ» (رواه مسلم)

Jika salah satu dari kalian bersin, lalu ia memuji Allah. Maka, doakanlah ia. Namun, jika ia tidak memuji Allah, maka kalian tidak perlu mendoakannya. (HR. Muslim)

Demikianlah penjelasan tentang adab orang yang bersin dan orang yang mendengarkan pujian kepada Allah nya orang yang sedang bersin. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here