Video: Tata Cara Shalat Tahajud serta Doa Setelahnya

0
168

BincangSyariah.Com – Ustz. Muhammad Izzul Mutho, Lc. kali ini akan menyampaikan tentang tata cara shalat tahajud.

Dalam video kali ini, Ustz. Izzul – sapaan akrab beliau – akan menjelaskan terlebih dahulu tentang kedudukan shalat tahajud, apa hukum melaksanakannya, serta apa saja syarat serta faidah yang bisa didapat.

Shalat tahajud seperti diketahui bersama dilaksanakan di waktu malam. Sebagian sementara kaum muslimin seringkali merasa payah untuk bangun di waktu malam untuk melaksanakan shalat tahajud. Diantara syarat melaksanakan shalat tahajud adalah diawali dengan tidur terlebih dahulu.

Shalat tahajud hukum pelaksanaanya adalah sunnah. Meski ia dikategorikan sebagai ibadah sunnah, tidak berarti dianjurkan di dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an bahkan menggunakan redaksi perintah berupa fatahajjad, seperti disebutkan dalam surah al-Isra’: 79,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (terjemah Al-Qur’an bersumber dari quran.kemenag.go.id)

Secara zahir, dari ayat ini kita bisa menarik pelajaran bahwa tahajud dalam ayat tersebut oleh Allah sendiri disebut naafilah. Ulama tafsir ada yang berpendapat kalau maksudnya adalah kewajiban tambahan (faridhah zaaidah), khusus bagi Nabi Muhammad. Tapi bagi umatnya tetap hukumnya sunnah.

Selain itu, Al-Qur’an menggunakan redaksi ‘asaa untuk menggambarkan harapan bahwa orang yang biasa melaksanakan shalat tahajud (shalat malam), besar kemungkinan ia dianugerahi Tuhan maqaman mahmuuda (tempat yang terpuji).

Nah, seperti apa selanjutnya tata cara shalat tahajud tersebut ? Mari kita sama-sama mendengar video Ustz. izzul berikut ini.

Baca Juga :  Kekerasan Seksual Bukan Salah Perempuan? Ini Alasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here