Video: Hikmah Dibalik Basuhan Wudhu ?

0
1477

BincangSyariah.Com – Mungkin pernah terlintas di dalam sanubari kita, apa hikmah dibalik basuhan wudhu? Mengapa kemudian kita diperintahkan untuk membasuh muka terlebih dahulu, lalu secara berurutan – menurut pendapat mayoritas ulama – berlanjut ke tangan, lalu kembali kepala telinga, hingga telapak kaki? Lalu, mengapa anggota-anggota tubuh tersebut yang dibasuh, bukan anggota lainnya ?

Pertanyaan tersebut yang akan coba dijawab dalam dialog berikut ini, antara Ustazah Isna Rahmatin Shalihatin dengan Ustadzah Izza Farhatin Ilmi. Dalam dialog ini, misalnya Ustadzah Izza Farhatin Ilmi selaku narasumber mengatakan karena spirit dari amaliah wudhu ini bersuci, maka seluruh maknanya menurut ulama adalah agar menyucikan aspek spiritual dari anggota tubuh kita. Misalnya, kesunahan berkumur atau dalam bahasa Arab disebut madhmadhah, diantara hikmahnya adalah untuk membersihkan lisan kita agar bisa lancar “bercakap” dengan Allah di hari akhir kelak.

Lalu, bagaimana dengan hikmah dibalik basuhan wudhu pada anggota tubuh lainnya? Langsung saja kita simak video berikut ini, dipersembahkan oleh bincangmuslimah.com.

Baca Juga :  Milk al-Yamin dan Tuduhan Universitas Islam Negeri (UIN) Sebagai Sarang Liberal, Benarkah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here