Pemerintah Batalkan Pemberangkatan Haji 2020, Tidak Ada Thawaf di Ka’bah karena Corona Benarkah Tanda Kiamat?

5
5972

BincangSyariah.Com – Semenjak munculnya isu corona, Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara pelaksanaan ibadah umrah sejak akhir Februari 2020. Kementerian Agama Indonesia pun memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2020. Lantas ada orang yang mengaitkan peristiwa kosongnya Ka’bah dari jamaah umrah itu sebagai pertanda kiamat sudah dekat. Memang terdapat sebuah hadis yang terdapat dalam al-Musnad karya Abu Ya’la al-Mushili dan al-Mustadrak karya Imam al-Hakim yang menyebutkan sabda Rasulullah Saw.:

لا تقوم الساعة حتى لا يحج البيت

Artinya:

Kiamat itu tidak akan terjadi kecuali tidak ada lagi yang berhaji ke Baitullah. (Baca: Viral Ajakan Ramaikan Masjid untuk Lawan Corona! Tepatkah?)

Bagaimana kualitas hadis ini? Benarkah virus corona yang merebak di seluruh dunia, sehingga umat Muslim tidak bisa melakukan ibadah umrah atau bahkan haji nanti itu pertanda kiamat sudah dekat? Tidak ada thawaf di Ka’bah karena corona, benarkah kiamat sudah dekat? Simak di penjelasannya di sini:

100%

5 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Imam Nawawi al-Jawi menyebutkan bahwa Allah memiliki dua “rumah” yang dijadikan tempat haji oleh para hamba-Nya. Pertama adalah Baitullah yang berada di bumi, tepatnya di kota Mekah, Arab Saudi. Kedua adalah Baitul Ma‘mur yang berada di langit keempat. Baitullah merupakan tempat haji kalangan manusia dan Baitul Ma‘mur merupakan tempat haji kalangan malaikat (Kasyifah as-Saja, hlm. 8). (Baca: Tidak Ada Thawaf di Ka’bah karena Corona, Benarkah Kiamat Sudah Dekat?) […]

  2. […] BincangSyariah.Com – Belum lama ini, banyak berseliweran foto-foto terkait situasi terkini Masjidil Haram yang tampak terlihat kosong. Mengingat, pemerintah Arab Saudi secara tiba-tiba pada 27 Februari lalu mengumumkan penutupan Masjidil Haram untuk kegiatan ibadah berskala besar dan menghentikan sementara layanan Umroh, serta menutup kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah demi mencegah penyebaran virus Covid-19 di dua kota suci tersebut. (Baca: Tidak Ada Thawaf di Ka’bah karena Corona, Benarkah Kiamat Sudah Dekat?) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here