Saat Berhubungan Badan, Benarkah Suami Haram Menyusu pada Istri?

1
50

BincangSyariah.Com – Berhubungan badan merupakan hal yang dibutuhkan bagi suami istri. Tapi apakah benar menyusu pada istri itu haram saat sedang melakukan hubungan badan?

Meskipun sudah dihalalkan, berhubungan intim tentu harus melihat waktu dan tempat. Tidak sembarangan melakukannya. Secara waktu, kapankah waktu terbaik melakukan hubungan intim menurut Islam?

Secara umum, jam berapapun suami istri diperbolehkan Islam untuk berhubungan intim. Setidaknya ada tiga waktu yang diisyaratkan dalam Al-Quran; yakni sebelum subuh, tengah hari, dan setelah Isya. Sebagaimana firman Allah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِينَ مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ وَالَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ مِنْ قَبْلِ صَلَاةِ الْفَجْرِ وَحِينَ تَضَعُونَ ثِيَابَكُمْ مِنَ الظَّهِيرَةِ وَمِنْ بَعْدِ صَلَاةِ الْعِشَاءِ ثَلَاثُ عَوْرَاتٍ لَكُمْ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌ بَعْدَهُنَّ طَوَّافُونَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ

“Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum salat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian luarmu di tengah hari dan sesudah salat Isya. Itulah tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebagian kamu (ada keperluan) kepada sebahagian (yang lain).” (QS an-Nur [24]: 58)

Ayat di atas memang tidak secara tegas menyebut waktu berhubungan intim. Namun dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa para sahabat menyukai saat-saat tersebut untuk berhubungan intim. Diriwayatkan dari Muqatil bin Hayyan, beliau menceritakan sebab turunnya ayat ini.

Ada pasangan suami istri di kalangan Anshar, dia sering membuatkan makanan untuk Rasulullah saw. Suatu ketika budaknya masuk ke kamar menemui mereka tanpa izin di waktu yang mereka tidak sukai untuk ditemui.

Tapi bagaimanakah hukum menyusu pada istri? Simak penjelasan Ustadz Gaes berikut.

100%

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here