Terkait Social Distancing Corona, Rasulullah Menolak Bersalaman dengan Orang Berpenyakit Menular

2
1831

BincangSyariah.Com – Pemerintah Republik Indonesia sudah mengimbau kepada masyarakat untuk membatasi diri berinteraksi langsung. Hal ini untuk mengurangi penyebaran virus corona atau covid-19. Istilah pembatasan diri tersebut dinamakan social distancing. Kita membatasi diri untuk tidak berkontak satu sama lain, termasuk bersalaman. Rasulullah pernah menolak bersalaman dengan salah satu sahabatnya.

Hal itu terdapat dalam Shahih Muslim, Sunan al-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, al-Sunan al-Kubro karya al-Baihaqi, al-Mu‘jam karya al-Thabrani. Imam Muslim memberi judul kitabnya dengan bab menjauhi orang berpenyakit lepra. Bagaimanakah sebenarnya Islam memandang social distancing terkait menghindari untuk tidak bersalaman dulu?

Ulama juga banyak yang sudah mengimbau untuk shalat berjamaah di rumah terlebih dahulu, apalagi di daerah yang memang penyebaran virus corona sudah banyak. (Umat Muslim Terjangkit Virus Corona Haram Jamaah di Masjid) Simak penjelasan Ustaz Ahong.

Baca Juga :  Majelis Fatwa Uni Emirat Arab Keluarkan Fatwa Terkait Virus Corona

2 KOMENTAR

  1. […] BincangSyairah.Com – Covid-19 telah menjangkit lebih 200 ribu penduduk dunia dengan angka kematian mencapai 8.000 orang, sebagaimana yang dipublikasikan Kumparan pada 19 Maret 2020. Sementara, per 18 Maret 2020, pemerintah Indonesia menyebut kasus positif corona di tanah air telah mencapai angka 227, sebagaimana diberitakan Detik. Virus ini juga diprediksi akan menjangkit 50% populasi dunia tahun ini menurut Instagram @indonesiabutuhanakmuda. Tak pelak, bila pandemi Covid-19 telah membuat penduduk bumi takut dan panik. Apakah syariat melarang kita memiliki rasa takut, termasuk kepada makhluk bernama corona itu? (Baca: Terkait Social Distancing Corona, Rasulullah Menolak Bersalaman dengan Orang Berpenyakit Menular) […]

  2. […] BincangSyariah.Com – Belakangan ini, isu wabah atau penyakit menular kembali menghebohkan umat manusia di dunia. Wabah ini dikenal dengan sebutan Corona atau Covid-19 dan dinyatakan bersumber dari China. Para ahli medis menginstruksikan untuk selalu berhati-hati dan mewaspadai wabah ini. Sebab wabah ini sangat mudah tertular pada orang lain, sekalipun sebatas hanya bersentuhan tangan. (Baca: Terkait Social Distancing Corona, Rasulullah Menolak Bersalaman dengan Orang Berpenyakit Menular) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here