Rahasia di Balik Jumlah Basuhan Wudhu, Ini Videonya!

0
183

BincangSyariah.Com – Apa rahasia di balik jumlah basuhan wudhu? Sebelum menjawab hal ini, perlu kita ketahui bahwa saat kita melaksanakan wudhu, ada bagian-bagian yang disebut sebagai rukun wudhu, dan ada juga yang dikategorikan sebagai sunnah wudhu. Yang dikategorikan sebagai rukun, adalah niat, membasuh muka, membasuh kedua tangan hingga siku, membangun sebagian kepala, dan membasuh kedua kaki hingga mata kaki. Sementara ada beberapa hal lain yang dikategorikan sebagai kesunahan wudhu, seperti berkumur, istinsyaq, hingga membasuh tiga kali di anggota wudhu atau yang dilakukan pada wukun wudhu.

Nah, pertanyaannya mengapa membasuh kali di anggota wudhu menjadi sunnah? Apa rahasia di balik jumlah basuhan wudhu tersebut? Apakah jika membasuhnya lebih dari atau kurang dari tiga misalnya maka yang mempraktiknya dianggap telah mempraktikkan melampaui sunnah, atau jika mau dihadap-hadapkan telah mempraktikkan sebuah hal yang bid’ah ?

Pertanyaan-pertanyaan diatas akan diulas pada video di bawah ini bersama dengan Ustz. Izzah Farhatin Ilmi, Lc. dan dipandu oleh Ustz. Isna Rahmah Shalihatin, M.Pd. Pada video ini, salah satu poin penting yang akan menjadi titik tolak pembahasan lebih jauh adalah sebenarnya jumlah basuhan anggota wudhu tersebut memiliki riwayat yang bermacam-macam. Ada juga yang menyatakan hanya sunnah sekali-kali di setiap basuhan wudhu. Nah, lalu mengapa ada yang menyatakan tiga? Simak selengkapnya di video berikut ini dipersembahkan oleh bincangmuslimah.com.

Baca Juga :  Alwi Shihab: Islam Wasathiyyah Islam yang Sesuai Tuntunan Al-Qur'an

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here