Persaingan dan Ketegangan Islam dan Kristen

0
39

BincangSyariah.Com – Pada akhir-akhir ini memang jarang kita dengar tapi ini tercatat dan banyak lagi ayat-ayat lain. Saya ingin memberikan semacam analisa, kenapa kedua agama ini (Islam dan Kristen) kelihatannya banyak ketidaksepahaman padahal bisa kita himpun kesepahaman-kesepahaman yang bisa menjadikan hubungan kedua komunitas dan agama ini menjadi lebih akrab, lebih baik, bisa bekerjasama untuk kepentingan masyarakat khususnya di Indonesia dan masyarakat global.

Pendengar setia Podcast Alwi Shihab, tahukah Anda pada 2007 di Yordania 138 tokoh muslim dunia dari berbagai madzhab menandatangani sebuah surat terbuka berisi ajakan kepada para pemimpin gereja di dunia untuk berdialog dan bekerjasama demi kebaikan manusia dan perdamaian dunia.

Surat tersebut berjudul “A Common Word between Us and You”, sebuah persamaan di antara kami dan kamu. Surat tersebut menyatakan bahwa umat Muslim dan Kristen bisa bekerja sama untuk mencapai kedamaian dengan mendasarkan pada dua perintah terbesar yang sama ditemukan pada kedua agama yaitu love of God atau mencintai Tuhan dan love of neighbor, mencintai sesama. Podcast Alwi Shihab episode ini adalah presentasi Profesor Doktor Haji Alwi Shihab sebagai narasumber pada acara webinar “A Common Word for the Common Good” yang diselenggarakan oleh Institut Leimena pada 18 Mei 2020. Selamat mendengarkan.

Konten ini merupakan kerjasama antara Bincang Syariah dan Warganegara.org

Baca Juga :  Video: Tata Cara Shalat Tahajud serta Doa Setelahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here