Panduan Lengkap Shalat dan Khutbah Idul Fitri di Rumah

5
4109

BincangSyariah.Com – Beberapa ulama di Indonesia maupun di Timur Tengah telah memfatwakan bagi umat Muslim untuk melakukan shalat Idul Fitri di rumah, baik secara sendirian atau berjamaah, khususnya bagi umat Muslim yang berada di wilayah zona merah penyebaran virus corona.

Oleh karena itu, menurut fatwa MUI, kebijakan shalat idul fitri ini menyesuaikan dengan protokoler yang disarankan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Mungkin banyak pertanyaan terkait idul fitri, mulai dari arti idul fitri, hukum shalat idul fitri di rumah, sunah-sunah sebelum shalat Idul fitri, apakah khutbah idul fitri itu wajib dilaksanakan, apakah shalat sendirian itu caranya sama dengan shalat berjamaah dan lain sebagainya.

Dalam video kali ini, Ustadz Ahong memandu para pembaca dan pendengar video-video Bincang Syariah untuk menjawab dan menyelami pertanyaan-pertanyaan di atas. Dengan penjelasan ini, mudah-mudahan umat Muslim dimudahkan untuk mempelajari hal-hal terkait shalat idul fitri yang pada kesempatan kali ini dilaksanakan di rumah.

Baca Juga :  Misteri Kematian Dajjal

5 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa ketika shalat Idul Fitri atau Idul Adha dilaksanakan secara berjemaah, maka bacaan surah Al-Fatihah dan surah Al-Quran dibaca nyaring atau keras. Tentu ini berbeda dengan shalat-shalat sunnah lain yang dilaksanakan di waktu siang, hampir semuanya dibaca pelan meskipun dilaksanakan secara berjemaah. Adakah alasan mengapa bacaan shalat Id dibaca keras atau nyaring? (Baca: Panduan Lengkap Shalat dan Khutbah Idul Fitri di Rumah) […]

  2. Dalil apa kok takbir dimulai semenjak hari puasa Ramadan, bukankah tuntunan Rasulullah Takbir Idul Fitri/Adha dimulai sesudah sampai di Tanah Lapang (mushalla) bila hujan Bisa di masjid, mohon pencerahannya?

  3. […] BincangSyariah.Com – Hari raya idul fitri tahun ini terasa berbeda sekali dengan hari raya idul fitri pada tahun-tahun sebelumnya. Wabah COVID-19 yang tak kunjung mereda membuat beberapa tradisi  yang lumrah dilakukan saat lebaran, semisal mudik dan silaturrahmi, terpaksa tidak ditinggalkan. Begitu pula dengan pelaksanaan shalat idul fitri yang harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah ini. Salah satunya dengan cara shalat idul fitri di rumah masing-masing. (Baca: Panduan Lengkap Shalat dan Khutbah Idul Fitri di Rumah) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here