Mengapa Banser Perlu Menjaga Geraja Saat Natal? Ini Argumentasi Sejarah, Al-Qur’an dan Hadis

14
2500

BincangSyariah.Com – Gereja kerap menjadi sasaran kekerasan yang dilakukan oleh oknum umat beragama yang menyalahgunakan makna jihad. Mengebom dan merusak gereja oleh mereka dianggap sebagai aksi suci. Padahal agama Islam secara jelas melarang umatnya untuk merusak rumah ibadah, sekalipun dalam keadaan perang. Bahkan pada masa awal hijriah, terdapat gereja umat Kristiani yang dibiarkan berdiri tegak.

Beberapa muslim di berbagai negara, termasuk Indonesia mencoba berinisiatif untuk ikut serta membantu menjaga gereja saat natal. Yang dilakukan murni pengamanan, dan tidak ada keikutsertaan sama sekali dengan apa yang dikategorikan “ritual” gereja. Namun, sebagian muslim yang lain tidak jarang memandang inisiatif tersebut dengan sinis bahkan menganggapnya problematis secara keimanan.

Padahal, benarkah menjaga gereja saat natal berdampak kepada ajaran tauhid, sementara menurut Ustadz Ahong, sosok yang akan kita dengarkan sama-sama ini, mencatat bahwa di Andalusia pernah ada izin resemi dari pemerintahannya untuk membangun gereja.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan Ustaz Ahong dalam video di atas.

Baca Juga :  Kemerdekaan dalam Kaca Mata Sejarah Islam pada Masa Rasulullah (Video 3)

14 KOMENTAR

  1. lalu apa yg sdh dilakukan banser saat ini,dgnmembubarkan pengajian dn menuduh bbrp ustadt radikal tdk sebuah kenyinyiran? Bahkan dgn alasan yg kadang tetlalu di rekayasa…apa ituuatu kemaslahatan seperti yg di lakukan dgn menjaga gereja2?..jgn hny sebuah ayat yg di pakai hny utk pembenaran apa yg di lakukan.
    Byk sdh yg di lakukan banser menyimpang saat ini,tdk sesuai syariat.

  2. Setiap organisasi itu ibarat sekeping uang logam (memiliki dua wajah yang berbeda), oleh karena itu sebagai seorang Muslim yang bijak untuk menyikapi BANSER kita harus ikuti dan apresiasi kegiatan positif dari BANSER, dan kalau ada kegiatan yang sekiranya menyimpang dan bertentangan dengan syariat Islam harus kita lawan dan kita kritisi.

  3. […] Al-Amiri memiliki karya fenomenal, yaitu Al-Ibanah ‘an ‘Ilal al-Diyanah. Melalui kitab ini, beliau menjelaskan tentang empat komponen agama-agama yaitu; konsep teologi, konsep ibadah, konsep sosial dan konsep tindakan preventif.  Melalui konsep terakhir ini, Al-Amiry meletakkan lima prinsip dasar tentang tindakan preventif mafsadat untuk kemaslahatan yang dimiliki semua agama. (Mengapa Banser Perlu Menjaga Gereja? Ini Penjelasannya) […]

  4. Bagus bagus bagus
    Gereja dijaga pengajian dibubarkan
    Yang ngomong bubarkan yang bertentangan dengan syariat…
    Lah yang kafir itu yang bertentangan dul

  5. Nkri bny kafir komunis..islam phobiabhmm itu buatan teriris yg buat yahudi…maklum picik oknumnya..banaer jaha lah apa guna polisi digaji ngr..tyh Banjir mana Banser ambol bagian. Tapi FPI sudah menunjukkan.jati diri..liahat .orang kristiani aja bilang dpt pertolongan..
    Smg umat islam yg munafik SADAR..
    Ingat Resolusi jihad 22 oktober 45..mana perjuangan orang Non islam saat.itu..mereka bny yg nonton…
    NKRI perku Pemimpin Yang:Sidiq
    AMANAH tablig n Fathonah..
    Mari Instropeksi diri…
    JASMERAH.

  6. Nkri bny kafir komunis..islam phobiabhmm itu buatan teriris yg buat yahudi…maklum picik oknumnya..banaer jaha lah apa guna polisi digaji ngr..tyh Banjir mana Banser ambol bagian. Tapi FPI sudah menunjukkan.jati diri..liahat .orang kristiani aja bilang dpt pertolongan..
    Smg umat islam yg munafik SADAR..
    Ingat Resolusi jihad 22 oktober 45..mana perjuangan orang Non islam saat.itu..mereka bny yg nonton…
    NKRI perku Pemimpin Yang:Sidiq
    AMANAH tablig n Fathonah..
    Mari Instropeksi diri…
    JASMERAH.

  7. Jangan asal 1 ayat menggugurkan semua atau ayat2 yg lain,krn pada dasarnya setiap ayat per ayat mempunyai keterkaitan dgn ayat selanjutnya atau dgn ayat2 lainnya dlm Al-Qur’an Nur Karim.
    Banser saat ini sdh di luar pd kapasitas dn kaidah aqidah sesungguhnya.
    Sdh jd rahasia umum,cara dn bagaimana banser berlaku tdk pd kapasitasnya.
    Inti utama bukan lagi tentang ayat,yg menjafi sebuah alasan….ujung2nya duitsdh menjadi rahasia umum itu

  8. Mereka menjaga gereja karena dapat fee. Seharusnya gereja di jaga oleh kaum mereka sendiri. Saya pribadi berdoa supaya keluarga dan keturunan saya di lindungi dari perilaku menjaga rumah ibadah umat lain.

  9. jangan suudzon dulu, banser itu tulus, tak sepersenpun dibayar, juga tidak berharap hadiah natal, juga tak berharap amplop atau honor apa lagi nasi bungkus,
    tapi kalau ada itu wajar,
    rezeki looo
    dosa kalau ditolak,

  10. Semua pada masih beneran islam gue daripada loe, ingat, islam itu beragam, hargai perbedaan, ingat pula banser itu punya NU, NU itu pemegang saham terbesar atas berdirinya NKRI atas ijin Allah SWT. Serahkan kebenaran mutlak pada penilaian Allah. Jangan tutup ilmu keislamanmu pada aliranmu doang. Cari tahu mengapa NU begini, mengapa Muhammadiyah begitu dan lain2nya dari berbagai aliran. Simpan kebenaran yg anda nilai untuk diri sendiri dan tidak menyalahkan kebenaran versi lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here