Masjid Pemecah Belah Umat

3
1512

BincamgSyariah.Com – Akhir-akhir ini, masjid seringkali dijadikan tempat untuk melancarkan propaganda politik yang terkadang khatibnya melontarkan ujaran kebencian yang membuat umat membenci orang lain. Zaman Rasulullah Saw. masjid-masjid seperti itu disebut dengan masjid dhirar. Ini masjid pemecah belah umat.

Anda yang mengamati tentang isu kekerasan atas nama Islam, mungkin tidak asing lagi dengan istilah masjid dhirar. Pada masa Nabi, masjid dhirar itu dibangun dengan tujuan memecah belah persatuan umat Islam, karena saat itu sudah ada masjid Nabawi atau masjid Quba yang sudah lebih dulu dibangun, dan konon masjid tersebut dihancurkan atas perintah Nabi.

Belakangan, dalil tentang masjid dhirar ini digunakan oleh kelompok kekerasan atas nama Islam untuk  menghancurkan atau mengebom masjid-masjid yang mereka anggap sebagai masjid dhirar. Masih ingatkah Anda kasus pengeboman di masjid Polresta Cirebon pada tahun 2011? Itu pelakunya dimungkinkan terdoktrin dengan pemahaman seperti ini. Pada 2017 lalu, bom meledak di masjid Al-Rawdah, di Bir al-Abed, Provinsi Sinau Utara, Mesir. Ini juga dilakukan di antaranya diyakini terpengaruh dengan pemahaman kekerasan seperti ini.

Baca Juga :  Bolehkah Shalat Tanpa Wudhu dan Tayamum bagi Tenaga Medis Covid-19?

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here