Kata Ustadz Evie Effendi Ibadah Malam Nisfu Sya’ban Tidak Ada Dalilnya, Benarkah?

2
2292

BincangSyariah.Com – Menghidupkan malam Nisfu Sya’ban termasuk hal yang dianjurkan dalam Islam. Akan tetapi ada sebagian ustadz di Indonesia yang mempermasalahkan ibadah ini. Salah satunya adalah Ustadz Evie Effendi.

Hadis-hadis tentang nisfu Sya’ban ini rata-rata hadisnya cacat, tidak nyambung ke Nabi. Saya juga bisa membuat hadis mah,” kata Ustadz Evie. “Mau laku topi kayak begini, qola Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam. Rasul bersabda barangsiapa yang tidak memakai topi Yerusalem, dia terancam masuk neraka, pasti laku,” lanjut Ustadz yang kerap ceramah berbahasa Sunda ini.

Kata dia, “Makannya harus ngaji dan beli buku al-Silsilah al-Dha’ifah wal Waudhu’ah karya Nashiruddin al-Albani. Menurut Syekh al-Albani hadis malam Nisfu Sya’ban itu dhaif. Jangan terjebak, Mang. Makannya wa la taqfu ma laisa laka bihi ‘ilmun. Dalil nah mah ada, cuman tidak qath’i, tidak kuat.”

Apa benar hadis malam nisfu Sya’ban itu gak ada yang tersambung sampai Nabi? Nah, ini penjelasan lengkap Ustadz Ahong membantah pendapat Ustadz Evie Effendi.

Baca Juga :  Bolehkah Membaca Alquran Tanpa Wudu?

2 KOMENTAR

  1. […] Tahun 2020 ini, ceramahnya kembali menjadi sorotan banyak kalangan Muslim, khususnya masyarakat Muslim yang kerap merawat tradisi baik di Indonesia. Ceramahnya yang menjadi sorotan itu mengenai pendapatnya yang menyatakan bahwa ibadah pada malam Nisfu Sya’ban itu tidak ada dalilnya yang bersumber langsung dari Rasulullah. Sontak ceramahnya pun menuai banyak kritikan, di antaranya disampaikan oleh Ustadz Ahong dari Bincang Syariah (Baca: Evie Effendi: Ibadah Malam Nisfu Sya’ban itu Tidak Ada Dalilnya, Benarkah?) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here