Kapan Dukhon Tanda Kiamat Terjadi? Ini Pandangan Ulama Hadis

2
3063

BincangSyariah.Com – Sebagai umat Muslim, mempercayai datangnya hari akhir merupakan rukun iman yang perlu ditanamkan dalam hati. Itu yang Allah wajibkan bagi umat Muslim. (Baca: Tidak Ada Thawaf di Ka’bah karena Corona, Benarkah Kiamat Sudah Dekat?)

Namun, mengetahui kapan terjadi kiamat itu manusia tidak dituntut untuk mengetahuinya. Rasulullah memberikan tanda-tanda kiamat besar akan terjadi. Sebelum kiamat kubro akan terjadi, terdapat tanda-tanda kecil terlebih dahulu. (Baca: Walaupun Masjidil Haram Tutup Sementara, Tapi Tetap Ada Wali dan Malaikat yang Ibadah)

Di antaranya banyaknya anak yang melawan pada orangtuanya, banyak yang berlomba-lomba meninggikan bangunan, dan sebagainya. Selain itu, ada juga 10 tanda yang akan mendekati datangnya kiamat kubro.

Di antara 10 tanda itu adalah terjadi dukhon, yaitu asap tebal yang menyelimuti alam. Lalu bagaimana ulama hadis memandang fenomena dukhon? Kapan dukhon tanda kiamat terjadi? Sebagian orang mengaitkan pandemi corona dengan fenomena dukhon? Benarkah demikian? Ustadz Ahong menjelaskan pendapat ulama hadis mengenai dukhon.

Baca Juga :  Hikmah di Balik Hijrahnya Rasulullah

2 KOMENTAR

  1. […] Subhaanal abadiyyil abad, subhaanal waahidil ahad, subhaanal fardish shomad, subhaana roofi’is samaa-i bi ghoiri ‘amad, subhaana man basathol ardho ‘alaa maa-in jamad, subhaana man khalaqol khalqo wa ahshohum ‘adad, subhaana man qosamar rizqo wa lam yansa ahad, subhaanal ladzii lam yattakhidz shoohibatan walaa walad, subhaanal ladzii lam yalid wa lam yuulad wa lam yaqullahu kufuwan ahad. (Baca: Kapan Dukhon Tanda Kiamat Terjadi? Ini Pandangan Ulama Hadis) […]

  2. […] BincangSyariah.Com – Isu mengenai dukhan atau asap tebal sebagai tanda kiamat akan terjadi pertengahan bulan Ramadhan 1441 H ini membanjiri lini masa media sosial. Sebagian pemuka agama menakut-nakuti dan meyakinkan para jemaahnya mengenai kejadian hal itu. Akan tetapi, ada juga yang meluruskan mengenai isu dukhan tersebut. Di antaranya disampaikan Ustadz Yunal Isra. (Baca: Kapan Dukhon Tanda Kiamat Terjadi? Ini Pandangan Ulama Hadis) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here