Istri Harus Patuh Pada Suami atau Orang Tua?

0
7

BincangSyariah.Com – Ketika laki-laki dan perempuan memutuskan untuk menikah, diantara yang diajarkan di dalam Islam adalah harus saling menaati dan menghormati satu sama lain. Diantaranya adalah seorang istri patuh kepada suami.

Namun, ketika ada suatu keadaan dimana dihadapkan kepada pilihan apakah menaati permintaan suami atau orang, maka siapa yang harus istri pilih? patuh pada suami atau orang tua? Ilustrasinya terjadi semisal ketika ada seorang istri yang diminta menemui orangtuanya (baik ayah ataupun ibu) ketika mereka sedang dalam kondisi sangat ingin bertemu sang anak. Lalu, saat meminta izin kepada sang suami, sang suami hanya memberikan izin beberapa hari atau bahkan hanya satu hari. Padahal, waktu yang dibutuhkan lebih dari itu.

Dalam Al-Quran sendiri, ada banyak ayat yang menjadi dalil keharusan seorang anak berbakti kepada orang tua, misalnya surah al-Baqarah [2]: 83; an-Nisa [4]: 36; dan surah al-Isra’ [17]: 23. Lantas, bagaimana menyesuaikan antara perintah menaati orang tua atau menunaikan hak-hak pasangan? Simak penjelasan Ustzh. Isna Rahmah Shalihatin, M.Pd berikut ini!

Baca Juga :  Hukum Mengadakan Resepsi Pernikahan di Masjid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here