Islam Agama Arogan? Nasihat Ustadz Ahong Buat Abu Janda

0
43

BincangSyariah.Com – Provokasi atas nama apapun, membela apapun, itu tidak patut. Baru-baur ini Permadi Arya atau yang biasa disapa Abu Janda mengkritik Tengku Zulkarnain. Akan tetapi, kritikannya itu mengaitkan dengan Islam yang datang dari Arab. (Baca: Ajaran Ahlus Sunnah tentang Islam yang Ramah dan Tak Mudah Mengafirkan).

Salah satu cuitannya yang kontroversialnya itu mengenai kearifan lokal yang diharamkan oleh sebagian kelompok. “Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan ritual sedekah laut, sampe kebaya diharamkan dengan alasan aurat.”

Kata Abu Janda, “Islam memang agama pendatang dari Arab. Agama asli Indonesia itu Sunda Wiwitan, kaharingan dll, dan memang arogan, mengharamkan tradisi asli, ritual orang dibubarkan, pake kebaya murtad, wayang kulit diharamkan. Kalau tidak mau disebut arogan, jangan injak-injak kearifan lokal.” (Baca: Peran Kyai dalam Akulturasi Jawa-Islam)

Perkataan ini pasti punya konteks. Namun apapun konteksnya, bila diksi dan pilihan katanya itu menyulut emosi umat, ya itu perlu kita tolak dan tegur bareng-bareng. Mudah-mudahan jangan sampai hal serupa terulang kembali. (Baca: Daripada Idolakan Habib yang Pemarah, Mending Idolakan Nabi yang Peramah).

Nah, bagaimana respon Ustadz Ahong terkait Abu Janda yang menyindir Tengku Zulkarnaen sambil menyebutkan bahwa Islam yang datang dari Arab itu katanya arogan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here