Ini Alasan Mengapa Muharram Menjadi Bulan Pertama Hijriah

1
844

BincangSyariah.Com – Umat Islam setiap tahunnya merayakan tahun baru hijriah di tanggal 1 Muharam. Di mana tahun Islam yang dihitung ketika awal pertama kali Nabi saw. hijrah ke Madinah. Namun, bukankah Nabi saw. sampai di Madinah tepat pada bulan Rabiul Awwal? Mengapa bulan Muharam ditetapkan sebagai bulan pertama Hijriah?

Muharram artinya yang diharamkan/pantangan. Penamaan Muharram disebabkan karena pada bulan ini dilarang berperang. Larangan tersebut berlaku sampai masa awal Islam.

Adapun asal usul sejarah penetapan kalender Hijriyah sebenarnya disebutkan dalam Alquran. Sebagaimana disebut dalam Q.S. al-Taubah ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Artinya:

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum Musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Mengomentari ayat ini, Ibnu Rajab mengatakan bahwa sejak Allah menciptakan langit dan bumi, lalu malam dan siang, keduanya berputar di orbitnya. Allah juga menciptakan matahari, bulan, dan bintang, keduanya berputar pada orbitnya. Maka, muncullah cahaya matahari dan cahaya bulan. Sejak itu, Allah jadikan 1 tahun menjadi 12 bulan berdasarkan munculnya hilal (bulan). Satu tahun dalam Islam, dihitung sesuai dengan perputaran dan kemunculan bulan, bukan berdasarkan perputaran matahari sebagaimana yang biasa dilakukan oleh Ahli Kitab.

Baca Juga :  Meluruskan Konsep Hijrah dan Keberkahan Negeri Syam

Masyarakat Jawa, menyebut bulan Muharram sebagai bulan Suro. Konon, bulan Muharram dinamakan bulan Suro karena diambil dari kata Asyura, yaitu (tanggal 10 Muharram) sebagai momen sakral di hari itu. Jadi, dinamakan bulan Suro karena pada bulan tersebut terdapat hari Asyura.

Lalu kenapa bulan Muharram dijadikan sebagai awal kalender dalam Islam?

 

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here