Hukum Mengucapkan Selamat Imlek dan Menerima Angpau

0
22

BincangSyariah.Com – Perayaan imlek kerap dilakukan pada bulan Februari. Hanya tanggal saja berubah pada setiap tahunnya. saya ingin kutipkan pandangan peneliti mengenai komunitas muslim Tionghoa di Indonesia, Hew Wai Weng.

Ia menyatakan bahwa, secara umum, umat Muslim Tionghoa yang bergabung dalam Persatuan Islam Tionghoa Indonesia atau PITI itu tetap merayakan imlek.

Menurut mereka, perayaan Tionghoa itu perayaan budaya, meski ada unsur agamanya, tapi mereka menghindari unsur ajaran agama dalam perayaan imlek tersebut.

Selain itu, Meski banyak dipakai untuk ucapan tahun baru Imlek, istilah “Gong Xi Fa Cai” sendiri itu tak berarti selamat tahun baru.

Secara harfiah, artinya semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan. Sementara itu, angpau itu melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik.

Warna merah angpau melambangkan ungkapan semoga beruntung dan mengusir energi negatif. Bagaimana bila kita mendapatkan angpao dari saudara, teman, atau orang dekat kita dari Tionghoa yang non-Muslim?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here