Foto Perempuan Disamarkan di Struktur Organisasi, Betulkan Kalau Wajah Perempuan Fitnah?

0
962

BincangSyariah.Com – Belum lama ini beredar unggahan dari dua kampus, UGM dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang berbeda yang mengunggah struktur organisasi kemahasiswaan di dalamnya. Namun, ada satu hal yang cukup mengundang pertanyaan dimana pada struktur organisasi tersebut, untuk foto profil pengurus perempuan justru tidak ditampilkan secara jelas (buram). Kampus yang satu lagi justru mengganti foto profil perempuan tersebut dengan kartun wanita berkerudung.

Mengutip tirto, ketika salah satu ketua pengurus organisasi kemahasiswaan satu tersebut dihubungi, ia mengatakan jika foto perempuan disamarkan disitu. “Hanya opacity (keburamannya) yang ditingkatkan.” Menurutnya, hal tersebut bukan tanpa alasan karena itu merupakan keputusan bersama. Ada beberapa anggota wanita yang tidak ingin fotonya ditampilkan, dan yang lain ada yang ingin tetap ditampilkan. Menurutnya, memberikan opacity pada foto tersebut adalah jalan tengahnya.

“Kalau sepemahaman saya, itu permintaan ceweknya. Ada bagian cewek itu ada yang kayak anak-anak Musala gitu. Saya juga kayak biasa aja. Biasanya bahkan enggak ada postingan kabinet, tapi ini kan kebutuhan organisasi,” terang Abdul Basit, ketua BEM UNJ seperti dikutip dari kumparan.

Terlepas dari pro kontra tersebut, benarkah jika sebagian muslimin menggunakan argumen kalau foto perempuan disamarkan itu untuk menghindari fitnah? Seperti apa sebenarnya makna fitnah yang dimaksud ? Simak diskusi antara Ustazah Qurrota A’yun dan Ustazah Isna Rahmah Shalihatin berikut ini. Ikuti terus video-video bincangmuslimah.com disini ya.

 

Baca Juga :  Melihat Kemaluan Istri atau Suami, Apa Hukumnya dalam Islam?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here