Delapan Macam Doa Iftitah Lengkap dengan Latin dan Artinya

0
1376

BincangSyariah.Com – Setelah mengucapkan takbiratul ihram sebagai tanda mulai masuk melaksanakan shalat, seseorang akan membaca doa iftitah sebelum membaca surah Al-Fatihah. Lalu bagaimana hukum membaca doa iftitah?

Hukum membaca doa iftitah adalah sunah. Hal ini telah banyak diterangkan dalam kitab-kitab fiqih klasik seperti at-Taqrib maupun kitab fiqih kontemporer seperti Al-Fiqh Al-Manhaji Ala Madzhab Al-Imam Asy-Syafii. al-Iftitah sendiri secara bahasa artinya adalah pembukaan, terambil dari kata fataha yang artinya membuka. Disebut demikian karena doa ini sebagai pembuka shalat setelah melaksanakan takbir.

Di dalam literatur fikih, istilah doa iftitah sering disebut juga sebagai doa tawajjuh. Istilah tersebut diambil dari kata inni wajjahtu wajhiya (sungguh aku menghadapkan wajahku), maksudnya ia benar-benar bermaksud akan melaksanakan ibadah.

Setelah riwayat-riwayatnya dikompilasikan, ada delapan macam doa iftitah lengkap yang bisa kita pilih, karena seluruhnya memiliki basis riwayat hadis yang bersumber kepada Rasulullah Saw. Berikut ini delapan macam doa iftitah lengkap dengan latin dan artinya.

Semoga bisa terus dibaca dalam shalat-shalat kita ya, amiin.

Baca Juga :  Hikmah di Balik Hijrahnya Rasulullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here