Benarkah Pernikahan Dini Sunnah dalam Islam?

0
390

BincangSyariah.Com – Apa benar, pernikahan dini sunnah dalam Islam? Ustadzah Isna Rahmah Shalihatin mencoba menyoroti pandangan tersebut berangkat dari beberapa berita waktu yang lalu yang menyebutkan pernikahan di usia muda (di bawah 18 tahun) meningkat selama masa pandemi ini. Di beberapa daerah, seperti di Lombok, bahkan diberitakan bahwa sejumlah masyarakat memutuskan melakukan pernikahan dini karena mereka sudah merasa tidak efektif lagi belajar di sekolah. Hmm, sungguh argumen yang menarik juga dipertanyakan ya.

Diskusi sunnah tidaknya pernikahan di usia muda atau pernikahan dini, bermuara pada riwayat hadis yang menyebutkan bahwasanya Rasulullah Saw. menikah dengan siti Aisyah Ra. pada usia 9 tahun. Sebagian muslimin berpendapat dengan tegas, kalau riwayat itu shahih. Tapi ada yang melangkah lebih jauh – atau boleh jadi terlalu jauh sehingga berlebihan – menjadikannya landasan sunnahnya pernikahan di usia sangat muda. Yang kalau dalam standar masyarakat pada hari ini, sama dengan menikahi anak kecil. Sementara para orientalis, melangkah juga terlalu jauh, dengan mengatakan kalau itu menjadi landasan kalau Nabi Muhammad Saw. punya kecenderungan – maaf – hasrat seksual yang menyimpang.

Benarkah sangkaan-sangkaan itu semua? Yuk langsung saja kita simak uraian permasalahan tersebut dan jawaban-jawabannya dari Ustadzah Isna Rahmah Shalihatin, M.Pd. di Youtube BincangMuslimah.

 

Baca Juga :  Bolehkah Melakukan Pernikahan Dini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here