Apa Benar Malaikat Tidak Mau Masuk Rumah yang Ada Anjingnya?

0
37

BincangSyariah.Com – Mayoritas ulama berpandangan bahwa semua bagian dari anjing, baik tubuhnya (bila basah) atau air liurnya, itu najis. Tapi mazhab Hanafi berpandangan, tubuh anjing itu tak najis, hanya air liurnya saja yang najis.

Mazhab Maliki malah berpandangan bahwa semua bagian dari anjing itu suci. Kita memandang anjing itu di antaranya dilatarbelakangi mazhab fikih yang dianut ulama negara masyarakat muslim kita berada.

Misalnya, di Maroko, Sudan, Tunisia, orang muslim memelihara anjing itu biasa saja, karena rerata mereka bermazhab Maliki. Di Indonesia, karena kebanyakan menganut mazhab Syafii, sebagian masyarakat muslim menganggap tabu terhadap muslim lain yang memelihara anjing, kecuali misalnya anjing penjaga rumah, anjing pelacak, anjing gembala, dan anjing penjaga lahan.

Itu hanya makruh, tidak sampai haram. Lalu gimana dengan hadis ‘malaikat tidak tidak akan masuk rumah yang ada anjingnya .…’? Kemudian ada hadis yang mengatakan bahwa orang yang memelihara anjing itu pahalanya dikurangi setiap hari. Apa benar begitu? Simak penjelasan Ustadz Ahong berikut ini:

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here