Alwi Shihab: Tetap di Rumah Saat Wabah Sama Seperti Dapat Pahala Mati Syahid

0
82

BincangSyariah.Com – Nabi Muhammad Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam bersabda bahwa apabila terjadi suatu malapetaka dan wabah, maka kita diminta untuk tinggal di tempat. Jangan meninggalkan tempat. Saya menganalogikan bahwa kita diminta untuk tetap di rumah, karantina diri.

Artinya apa? Kita telah mengikuti perintah pemerintah yang memang harus kita ikuti dan juga kita mengikuti perintah Nabi yang mengharapkan kita tidak keluar. Dalam arti, pada masa sekarang ini, kalau kita keluar, berarti kita akan ada potensi untuk menularkan atau ditularkan sehingga akan ada korban yang lebih banyak.

Kita mengikuti perintah Nabi untuk tinggal di tempat, tinggal di rumah, dan mengikuti perintah pemerintah yang menganjurkan untuk kita berada di rumah. Maka kita dalam hal ini termasuk orang-orang yang berbahagia, karena walaupun tentu saja yang mengerjakan perawatan dan sebagainya itu mendapatkan tempat istimewa kalau mereka meninggal, tetapi kita yang berada di rumah pun kalau kita meninggal, kita juga mendapatkan tempat yang baik sebagai martir, sebagai syahid karena kita mengikuti perintah dalam rangka mengurangi penularan wabah ini kepada orang-orang lain.

Maka dari itu, saya menganjurkan bahwa kita sebagaimana Al-Qur’an mengajarkan kita untuk mengikuti perintah Tuhan, mengikuti perintah Rasul, dan mengikuti perintah pemerintah yang kita jadikan penguasa di antara kita. Jadi dengan mengikuti Rasul, mengikuti pemerintah, kita telah menunaikan kewajiban kita sebagai hamba Allah yang baik dan juga sebagai warganegara yang baik. Dari itu berbahagialah kita yang berada di rumah.

Jangan merasa bahwa yang berada di rumah ini pasif, tidak mendapatkan ganjaran dan tidak mendapatkan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Jadi kita ikut berpartisipasi walaupun berada di rumah. Jangan dianggap yang berada di rumah tidak mempunyai peran, justru peran yang terbesar untuk mencegah penularan adalah mereka yang mengurung diri di rumah, dan pada saat yang sama mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Baca Juga :  Agar Keluarga Kita Selamat dari Bahaya, Bacalah Doa Ini Antara Adzan dan Iqamah

Simak konten kerjasama antara Bincang Syariah dan Warganegara berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here