Alwi Shihab: Jangan Sandingkan Takwa pada Allah dengan Cegah Corona

0
203

BincangSyariah.Com – Banyak pertanyaan menyangkut berapa besar, berapa dalam tingkat keberagamaan seseorang dalam rangka menghadapi cobaan-cobaan yang seperti apa yang kita hadapi sekarang. Ada di antara guru-guru kita yang menganggap bahwa kita tidak perlu takut sama Corona, yang kita perlu takut adalah Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tidak ada salah dalam pernyataan bahwa kita harus takut kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, tetapi ada sedikit keliru kalau kita bandingkan atau sandingkan antara takwa kita kedekatan kita kepada Allah, lalu kita tidak menghiraukan pencegahan terhadap wabah.

Al-Qur’an banyak memberikan kita anjuran untuk kita menggunakan akal kita, menggunakan nalar kita, rasio kita, di dalam beragama, bahkan ada salah satu hadits yang berbunyi bahwa apabila engkau hendak mendapatkan kebaikan, maka ikutilah tuntunan agama tetapi menggunakan akal sebagai pertimbangan sehingga ada ucapan atau ungkapan tidak sempurna la dina li man la ‘aqla lah ‘ agama seseorang kalau tidak menggunakan akalnya di dalam mengerti atau di dalam menghayati ajaran-ajaran Al-Qur’an itu tidak akan sempurna’.

Saya ingin bercerita tentang seorang guru di Mesir. Baru terjadi dua hari yang lalu, dan ini menjadi berita besar di Mesir bahwa seorang guru yang namanya Muhammad Salim meninggal setelah terjangkit Virus Corona ini.

Sebelumnya dia kemana-mana mengatakan bahwa kita tidak perlu takut dengan Corona ini, Corona ini akan hilang sendiri! Kita tidak perlu takut! Apa yang kita lakukan adalah kita takut kepada Allah semata.

Dan akhirnya apa yang dia anjurkan kepada masyarakat terbukti bahwa dia kena sendiri, dia meninggal dan anaknya pun tertular. Nah, maka dari itu, itu di Mesir sekarang menjadi pelajaran bahwa hendaknya kita menghindarkan diri dari malapetaka. Simak penjelasan lengkap Prof Alwi Shihab di video kali ini.

Konten ini dibuat atas kerjasama Bincang Syariah dengan Warganegara.org

Baca Juga :  Dalil Kebolehan Merayakan Maulid Nabi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here