Alwi Shihab: Jangan Putus Asa! Yakin Setelah Kesulitan, Tuhan Beri Kemudahan

0
915

BincangSyariah.Com – Kita perlu menguubah style hidup kita dalam keadaan yang semacam ini. Nah yang paling penting, kita harus optimis. Jangan putus asa. Kita harus selalu melihat ke depan sebagai hal yang pada suatu saat lebih baik dari pada yang sekarang ini.

Di dalam Al-Qur’an disebutkan, ada ayat yang sangat cocok, relevan untuk kita semua ini. Asā an takrahụ syai`aw wa huwa khairul lakum. Kemungkinan ada hal-hal yang kamu anggap tidak baik, tapi pada akhirnya nanti kamu akan melihat bahwa di balik itu semuanya ada kebaikan-kebaikan. (Baca: Cara Agar Tak Mudah Putus Asa Saat Hadapi Kesulitan)

Nah jadi selalu pandangan kita positif. Hubungan kita sama Yang Maha Kuasa juga diharapkan ditingkatkan. Ya kalau selama ini mungkin sholatnya bolong-bolong, lalu yang ke gereja juga jarang, coba lifestyle-nya diubah sedikit.

Dan kita punya trust kepada Yang Maha Kuasa. Karena Yang Maha Kuasa, khususnya dalam Islam, itu Tuhan berfirman dalam Hadis Qudsi, ana ‘inda zhonni ‘abdi bi ‘Saya ini Tuhan, sesuai dengan prasangka baik hamba-Ku terhadap Aku’. Jadi kalau kita berprasangka baik bahwa Tuhan akan mengatasi semua apa yang kita alami sekarang ini, in sya’ Allah hal itu akan terjadi. Simak penjelasan lengkap dari Cendekiawan Muslim Alwi Shihab berikut:

 

Konten ini merupakan hasil kerjasama antara Bincang Syariah dan Warganegara.org

Baca Juga :  Cara Agar Tak Mudah Putus Asa Saat Hadapi Kesulitan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here