Alwi Shihab: Islam Wasathiyyah Islam yang Sesuai Tuntunan Al-Qur’an

0
83

BincangSyariah.Com – Akhir-akhir ini, di negara kita ini ada kelompok-kelompok yang menganggap bahwa pandangan keagamaan umat Islam di Indonesia ini tidak sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan hadis. Merespon kelompok tersebut, sebagaimana kita ketahui bahwa dunia Islam akhir-akhir ini, mempopulerkan kembali istilah Islam wasathiyyah. Karena ada kelompok-kelompok tertentu yang tidak nyaman kalau memberi predikat Islam moderat atau non-moderat karena dianggap bahwa Islam itu sudah tidak ada, tidak perlu untuk diberi predikat. Islam adalah satu.

Maka pakar dan ini yang sekarang disosialisasikan oleh para tokoh-tokoh muslim di dunia adalah Islam yang tidak ekstrem. Dan kalau dikatakan tidak ekstrem berarti Islam yang moderat, tetapi karena moderat tidak semuanya bisa menerima maka mereka kembali kepada Al-Qur’an dan mendapatkan ayat Al-Qur’an yang bisa dijadikan predikat bagi Islam.

Di antara sekian banyak kelompok yang semuanya mengaku bahwa Islam merekalah yang paling benar. Di dalam salah satu ayat di dalam Al-Qur’an ada ayat yang berbunyi, “Wa każālika ja’alnākum ummataw wasaṭan”, demikian kami telah jadikan kalian umat Islam sebagai umat yang wasat, yang bisa diartikan di tengah dalam pengertian di tengah di antara dua ekstremitas.

Dua hal yang keduanya tidak diinginkan untuk dipredikatkan kepada Islam yang ekstrem dan atau yang berlebihan atau yang berkekurangan atau dengan istilah yang populer adalah yang ekstrem dan yang liberal atau yang menggampangkan agama atau yang melebihi daripada porsi ekstrem artinya melebihi porsi yang sewajarnya.

Maka Islam yang dianjurkan atau yang diberi predikat oleh Al-Qur’an adalah umat Islam yang berada di tengah. Wasat artinya tengah atau yang terbaik dan memang ada ungkapan bahwa sebaik-baik sesuatu itu yang berada di tengah.

Baca Juga :  Bolehkah Wanita Haid Membaca Alquran di Smartphone?

Selengkapnya simak penjelasan lengkap cendekiawan Muslim Indonesia, Prof. Dr. Alwi Shihab berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here