12 Istri Nabi Seluruhnya Janda, Kecuali Aisyah, yang Nomor 11 Orang Yahudi

0
869

BincangSyariahh.Com – Kampanye poligami sangat populer di kalangan masyarakat “hijrah”. Hal ini biasanya didasarkan kepada setidaknya tiga alasan. Pertama, dalil tentang ta’addud al-zaujat dalam surah An-Nisa’ ayat 3, kedua tentang informasi bahwa jumlah perempuan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah laki-laki, dan yang terakhir adalah karena alasan ittiba’ rasulillah saw. (mengikuti sunah Rasulullah saw). Menurut sejarah, Rasulullah saw memiliki 11 istri meskipun dikatakan bahwa itu adalah khusushiyat bagi beliau, dan versi lain menyebut mereka berjumlah 12 orang.

Berdasarkan keterangan ‘Abd al-Rahim al-‘Iraqi dalam Alfiyyah al-Sirah al-Nabawiyyah terkait perbedaan jumlah istri Nabi saw., menurutnya hal ini disebabkan karena perbedaan ulama antara memasukkan Mariyah al-Mishyriyyah al-Qibtiyyah sebagai budak ataukah sebagai istri Nabi saw.? Namun pendapat yang paling banyak diikuti menyebut bahwa Mariyah merupakan budak Nabi, sehingga istri sah Nabi hanyalah 11 orang. Masing-masing sebanyak enam orang berasal dari suku Quraisy, empat orang dari suku Arab selain Quraisy dan satu orang berasal dari Bani Isra’il. Di antara istri Nabi itu, ada yang berbangsa Yahudi. Siapakah dia?

Baca Juga :  Cara Mencari Arah Kiblat di Negara Minoritas Muslim


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here