Universitas Sains dan Teknologi Iran: Unggul Karena Jurusan Teknik

0
9

BincangSyariah.Com – Universitas Sains dan Teknologi Iran atau The Iran University of Science and Technology (IUST) adalah lembaga penelitian dan universitas teknik dan sains terbaik di Iran.

Universitas ini memiliki lima belas fakultas yang menawarkan gelar sarjana dan pascasarjana dalam berbagai mata kuliah yang berbasis teknik serta matematika dan fisika.

Motto universitas ini adalah “Tidak Ada yang Tidak Mungkin”. IUST berdiri pada 1929. Presiden universitas saat ini adalah Jabbar Ali Zakeri dengan Staf akademik berjumlah 430.

Per tahun 2015,  IUST tercatat memiliki siswa sebanyak 11.957 dengan lulusan sarjana sebanyak 5,525, dan pascasarjana 5,445, serta mahasiswa doktor sebanyak 987. Lokasi IUST berada di Teheran, provinsi Teheran, Iran.

Sekilas Tentang Universitas

IUST adalah kampus Urban dengan ama panggilan Elmos. Situs website resmi universitas ini adalah www.iust.ac.ir. Universitas ini semakin terkenal di seluruh penjuru duni karena telah berhasil masuk menjadi list 100 perguruan tinggi Islam terbaik di dunia pada 2021.

Universitas Sains dan Teknologi Iran didirikan pada 1929, tepatnya di ibu kota Iran, Teheran, untuk melatih para insinyur negara dan saat ini dianggap sebagai salah satu sekolah teknik terkemuka di negara Iran.

Pada mulanya, universitas ini bernama Institut Teknis Pemerintah, lalu disebut sebagai Sekolah Tinggi Seni Lanjutan sebelum ditingkatkan menjadi Fakultas Sains dan Teknologi Iran pada 1972.

Pada 1978, Kementerian Ilmu Pengetahuan Iran memberikan status universitas penuh kepada fakultas tersebut dan dari sanalah IUST lahir. Universitas ini memiliki 13 fakultas yang menawarkan gelar sarjana dan pascasarjana dalam berbagai mata pelajaran berbasis teknik serta matematika dan fisika.

Pada 1995, IUST berhasil memberikan gelar PhD pertama Iran dalam bidang Material, Metalurgi dan Teknik Lalu Lintas. Di Universitas Sains dan Teknologi Iran terdapat 12 pusat penelitian, sembilan pusat keunggulan dan 19 perpustakaan khusus serta empat kampus satelit di negara bagian lain.

Universitas Sains dan Teknologi Iran terletak di area Narmark di Timur Laut Teheran di atas lahan seluas 42 hektar yang meliputi gedung akademik dan administrasi, perpustakaan utama, aula tempat tinggal, masjid dan fasilitas olahraga dalam dan luar ruangan. Universitas juga memiliki stadion olahraga berkapasitas 20.000 tempat duduk.

Ada banyak menteri dan mantan menteri di Iran saat ini yang merupakan alumni IUST. Tokoh yang paling terkenal adalah Mahmoud Ahmadinejad, presiden keenam Iran yang belajar dan mengajar di universitas tersebut.

Ahmadinejad mendaftar untuk mendapatkan gelar sarjana teknik sipil di IUST pada 1976 sebelum melanjutkan studi master dan kemudian gelar PhD di bidang teknik dan perencanaan lalu lintas dan transportasi, bergabung dengan fakultas sebagai dosen pada 1989.

Sejarah Universitas

Universitas Sains dan Teknologi Iran didirikan pada 1929 sebagai Institusi Iran pertama yang melatih para insinyur. Dulunya, IUST bernama Institut Teknis Pemerintah. Tak lama kemudian, gedung tersebut kemudian dinamai “Honarsaraye Ali” atau Sekolah Tinggi Seni Tingkat Lanjut.

Pada 1932, Iran melepaskan lulusan pertama di bidang Teknik Mesin dan pada 1935 melepaskan lulusan di bidang Teknik Kimia. Pada 1958, Institut mulai mendaftarkan siswa untuk program Magister dengan nama Institut Teknologi Tehran (TIT).

Pada 1963, Institut kemudian dipindahkan ke lokasinya saat ini di Narmak yakni Timur Laut Teheran. Pada 1972, gelar perguruan tinggi ditingkatkan menjadi Fakultas Sains dan Teknologi Iran, karena pertumbuhan institut yang didukung oleh Kementerian Ilmu Pengetahuan.

Fakultas tersebut menawarkan gelar sarjana empat tahun di beberapa bidang teknik dan menjadi fakultas yang pertama dan selama bertahun-tahun merupakan satu-satunya universitas teknik yang terdiri dari Fakultas Arsitektur di Iran.

Pada 1978, status universitas kemudian disahkan oleh Kementerian Ilmu Pengetahuan. Sejak itu, institut tersebut dinamai Universitas Sains dan Teknologi Iran. Pada 1990, IUST menerima siswa untuk Ph.D. program di bidang Teknik Sipil dan Teknik Material.

Pada 1995, IUST membuka perkuliahan gelar Ph.D. di Iran dalam bidang Teknik Material, Teknik Metalurgi dan Teknik Lalu Lintas. Pada 2009, Kementerian Sains, Riset dan Teknologi Iran mengumumkan IUST sebagai salah satu dari delapan universitas induk di negara Iran.

Universitas Sains dan Teknologi Iran adalah satu-satunya universitas di Timur Tengah yang memiliki sekolah teknik perkeretaapian dan sekolah teknik kemajuan. Universitas ini juga menjadi satu-satunya universitas di Iran yang memiliki sekolah teknik otomotif.

IUST terletak di Jalan Hengam di lingkungan Narmak di Timur Laut Teheran. IUST dan komunitas sekitarnya menyediakan lingkungan budaya dan rekreasi yang sesuai untuk pekerjaan lembaga penelitian besar.

Menurut hasil Pemeringkatan Universitas Dunia Pendidikan Tinggi Times 2016, Universitas Sains dan Teknologi Iran berdiri sebagai “Universitas Pertama di Negeri Iran”.

Di tahun yang sama, IUST menjadi urutan ke-57 diantara universitas di Asia dan ke-457 diantara universitas di dunia. QS World University Rankings 2016–2017 telah mengumumkan IUST sebagai Universitas Kedua Iran dan 491–500 di antara Universitas Dunia.

Stadion IUST memiliki kapasitas 20.000 orang di mana sebagian besar digunakan untuk sepak bola asosiasi, adalah tempat olahraga utama mereka.

Tata Letak Kampus

Kampus utama IUST memiliki 15 fakultas dan tiga departemen lain dengan 380 anggota dewan akademik. Di kampus utama, ada 9.000 siswa belajar di 90 bidang teknik dan sains, 2.000 di antaranya menempuh pendidikan M.Sc. dan 546 adalah mahasiswa Ph.D. Lebih dari 50.000 siswa telah lulus sejak 1932.

Kampus utama terletak di timur laut Teheran, diperluas dalam 104 acre (42 ha). Kampus ini mencakup gedung fakultas, pusat penelitian, perpustakaan utama, aula perumahan, masjid, gedung administrasi, taman bermain olahraga, dan ruang tertutup untuk olahraga seperti stadion sepak bola, bola voli, bola basket, dan lapangan tenis.

IUST memiliki empat kampus lain di kota Arak, Behshahr, Damavand, dan Noor; dua yang terakhir sedang dalam proses. Ada juga 15 sekolah, 44 kelompok pengajaran, dan 83 bidang studi di IUST.

Selain itu, ada juga lebih dari 5.500 siswa belajar di program B.Sc, lebih dari 5.400 siswa belajar di M.Sc. dan lebih dari 940 sedang melakukan proses pengajaran untuk meraih gelar Ph.D. dalam berbagai disiplin ilmu.

Menurut Peringkat Universitas Dunia QS 2016–2017, IUST berada di peringkat kedua yakni sebagai universitas kedua Iran setelah Universitas Teknologi Sharif dan 491–500 diantara universitas dunia.

IUST menduduki peringkat 436 diantara universitas dunia dan peringkat 78 di bidang Matematika dan ilmu komputer menurut Peringkat Leiden pada 2011-2014.

Pada 2017, US News & World Report memberi peringkat IUST Engineering Sciences 113th di antara universitas dunia. Ilmu Material IUST berada di peringkat 169 diantara universitas dunia.

Menurut Peringkat Global ShanghaiRanking untuk Subjek Akademik 2017, IUST telah menempati peringkat 101–150 di antara universitas dunia dalam bidang Teknik Metalurgi dan juga 151–200 dalam Teknik Mesin dan Teknik Sipil.

Prestasi Universitas Sains dan Teknologi Iran

2020–2021: Peringkat Nasional: 6 dan Peringkat di Asia: 87

2016–2017 : Peringkat Nasional: 1

2015–2016 : Peringkat Nasional: 1, Peringkat Asia: 57, Peringkat Internasional: 475

2014–2015Peringkat Nasional: 3 dan Peringkat di Asia: 69

Baca: Kimia Alizadeh: Atlet Taekwondo Perempuan dari Iran yang Mendunia

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here