Empat Keutamaan Mendengarkan Bacaan Al-Quran

3
1473

BincangSyariah.Com – Selain dianjurkan membaca Al-Quran, kita juga diperintahkan untuk mendengarkan bacaan Al-Quran dari orang lain. Disebutkan bahwa Nabi Saw terkadang minta pada sebagian sahabatnya untuk membacakan Al-Quran padanya dan beliau mendengarnya dengan khusyuk. Tentu beliau melakukan hal itu karena mengetahui keutamaan mendengarkan bacaan Al-Quran.

Disebutkan dalam Fathur Rahman fi Bayani Hajril Quran bahwa terdapat setidaknya empat keutamaan mendengarkan bacaan Al-Quran.

Pertama, menjadi sebab turunnya rahmat Allah. Ini berdasarkan firman Allah dalam surah Al-A’raf ayat 204 berikut;

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. (Hukum Tadarus Menggunakan Pengeras Suara)

Kedua, mendapatkan pahala, dosa dihapus dan diangkat derajat. Ini sebagaimana riwayat yang disebutkan dalam kitab Biharul Anwar berikut;

وعن أبي عبد الله عليه السلام قال: من استمع حرفا من كتاب الله من غير قراءة كتب له حسنة، ومحي عنه سيئة، ورفع له درجة

Dari Ubai Abdillah-semoga keselamatan atasnya-, dia berkata; ‘Barangsiapa mendengarkan satu huruf dari kitab Allah (Al-Quran) tanpa membaca, maka ditulis baginya satu kebaikan, dihapus darinya satu keburukan, dan diangkat baginya satu derajat.

Ketiga, menjadi sebab turunnya hidayah. Ini berdasarkan firman Allah dalam surah Al-Isra ayat 9 berikut;

إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ يِهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

Sesungguhnya Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang beriman yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.

Keempat, menjadi sebab mendapatkan nur atau cahaya. Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Darimi dari Ibnu Abbas, dia berkata;

Baca Juga :  Anjuran Memberi Sedekah kepada Pengemis, Bagaimanapun Kondisinya

من استمع إلى آية من كتاب الله تعالى كانت له نوراً

Barangsiapa mendengarkan ayat dari kitab Allah (Al-Quran), maka baginya cahaya.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here