Badan Wakaf Indonesia (BWI) Targetkan Single Database Aset Wakaf Nasional Rampung Tahun Depan

0
104

BincangSyariah.Com – Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia (BWI) Mohammad Nuh menargetkan pembentukan single database aset wakaf nasional dapat dirampungkan tahun depan.

“Begitu kita punya platform nasional, satu begitu, udah urusan apapun sudah satu data single,” ucap Muhammad Nuh dalam acara Rapat Koordinasi Nasional BWI di Hotel Aryaduta, Jakarta, pada Rabu (11/12/2019)

Dengan adanya pembentukan platform satu database wakaf nasional, maka akan memudahkan perencanaan pengembangan asset wakaf untuk dikembangkan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk umat.

Muhammad Nuh bersyukur data asset wakaf nasional memang ada dan tercatat, namun data tersebut berdasarkan Lembaga masing-masing. Sehingga perlu disatukan agar tidak ada permasalahan, seperti untuk keperluan pendaftaran dan sertifikat tanah wakaf sehingga lebih bankable.

Masih dalam acara yang sama, Direktur Eksekutif Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Ventje Rahardjo juga mendorong agar BWI segera membangun system single database untuk memudahkan pengelolaan asset wakaf nasional.

Menurutnya, dengan adanya single database asset wakaf nasional, maka setiap Lembaga tidak perlu membangun sendiri system untuk database. Sehingga hal ini akan memudahkan untuk mengetahui penggunaan aset wakaf. Selain itu, single database tersebut bisa menjadi investasi bagi negara.

“Kita bisa anggap itu sebagai investasi negara. Satu platform yang bisa dipakai bersama semuanya, jadi semua kalo mau melakukan pencatatan ke platform yang sama dan menciptakan satu database nasional, untuk aset wakaf yang sudah ada dibuka pintu untuk registrasi ulang,” jelas Ventje.

Baca Juga :  Jokowi: Penempatan Menag dari Kalangan TNI Diharapkan Mampu Tangkal Radikalisme

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here