Sepuluh Kemuliaan Ziarah ke Makam Nabi Saw

0
461

BincangSyariah.Com – Para ulama sepakat terkait kesunahan ziarah ke makam Nabi Saw., terutama bagi yang sedang melaksanakan ibadah haji. Ziarah ke makam Nabi Saw. sudah dilakukan oleh para sahabat, tabiin dan ulama salaf.

Disebutkan dalam riwayat Abdur Razaq dalam kitabnya Almushannaf, bahwa setiap kali Abdullah bin Umar datang dari perjalanan dan tiba di Madinah, beliau langsung ziarah ke makam Nabi Saw. Ini menunjukkan bahwa ziarah ke makam Nabi Saw. telah dilakukan oleh para sahabat sejak dahulu.

Riwayat dimaksud bersumber dari Nafi’, dia berkata;

كَانَ ابْنُ عُمَرَ إِذَا قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ أَتَى قَبْرَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ، السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا أَبَا بَكْرٍ، السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا أَبَتَاهُ

“Abdullah bin Umar (putra Sayidina Umar) bila datang dari perjalanan, maka dia segera mendatangi makam Nabi Saw. seraya berucap, ‘Assalamu ‘alaika Ya Rasulallah, Assalamualaika Ya Aba Bakr, Assalamu ‘alaika Ya Abatah. (Keselamatan bagi engkau wahai Rasulullah Saw., keselamatan bagi engkau wahai Abu Bakar, keselamatan bagi engkau wahai ayahku).’”

Syaikh Sayid Bakri bin Sayid M Syatha Dimyathi dalam kitab I‘anatut Thalibin mengatakan;

قال بعضهم: ولزائر قبر النبي صلى الله عليه وسلم عشر كرامات. إحداهن يعطى أرفع المراتب. الثانية يبلغ أسنى المطالب. الثالثة قضاء المآرب. الرابعة بذل المواهب. الخامسة الأمن من المعاطب. السادسة التطهير من المعايب. السابعة تسهيل المصاعب. الثامنة كفاية النوائب. التاسعة حس العواقب. العاشرة رحمة رب المشارق والمغارب

“Sebagian ulama mengatakan bahwa orang yang menziarahi makam Rasulullah Saw., maka dia berhak menerima sepuluh kemuliaan dari Allah. Pertama, diberikan derajat tertinggi di sisi Allah. Kedua, disampaikan pada cita-cita tertinggi. Ketiga, dipenuhi kebutuhannya. Keempat, diberikan banyak anugerahNya. Kelima, diselamatkan dari bencana. Keenam, dilindungi dari aib. Ketujuh, dimudahkan dalam kesulitan. Kedelapan, diringankan bebannya dalam musibah. Kesembilan, dapat merasakan apa yang akan terjadi. Kesepuluh, mendapatkan limpahan rahmat Allah.”

Baca Juga :  Amalan Sunah saat Idulfitri

Dengan demikian, berziarah ke makam Nabi Saw. tidak hanya mendapat pahala dari Allah dan syafaat dari Nabi Saw. kelak di hari kiamat, tapi juga akan mendapatkan sepuluh kemuliaan dan kebaikan selama hidup di dunia, sebagaimana telah disebutkan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.