Dua Kalimat Ringan yang Membuat Timbangan Amal Kita Menjadi Berat

2
769

BincangSyariah.Com – Islam adalah agama yang sangat menghargai pemeluknya dengan janji pahala dan kebaikan, terutama untuk umat Nabi Muhammad yang umurnya lebih pendek dibandingkan umat terdahulu yang usianya sampai ratusan tahun.

Jika dikalkulasikan amalnya, umat Nabi Muhammad pasti kalah jauh. Namun demikian, atas kasih sayang Allah dan keistimewaan sebagai umat Nabi, semua amalan baik yang kecil maupun besar, baik ucapan maupun gerakan semuanya dilipatgandakan pahalanya olehNya.

Ketika umat Islam mengetahui keistimewaan ini, niscaya ia akan menggunakan semaksimal mungkin nikmat kesehatan dan kesempatan untuk berbuat baik hingga bisa melampaui kebaikan dan amal umat terdahulu.

Salah satunya adalah dua kalimat ini, bila diucapkan maka pahalanya luar biasa banyaknya, dan menjadi perantaraan supaya lebih dicintai oleh Allah, seperti keterangan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh sahabat Abi Hurairah yang berbunyi:

 ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ” ﻛﻠﻤﺘﺎﻥ ﺧﻔﻴﻔﺘﺎﻥ ﻋﻠﻰ اﻟﻠﺴﺎﻥ، ﺛﻘﻴﻠﺘﺎﻥ ﻓﻲ اﻟﻤﻴﺰاﻥ، ﺣﺒﻴﺒﺘﺎﻥ ﺇﻟﻰ اﻟﺮﺣﻤﻦ: ﺳﺒﺤﺎﻥ اﻟﻠﻪ ﻭﺑﺤﻤﺪﻩ، ﺳﺒﺤﺎﻥ اﻟﻠﻪ اﻟﻌﻈﻴﻢ “

Artinya: Diriwayatkan dari sahabat Abi Hurairah berkata: Nabi bersabda: Dua kalimat yang sangat ringan diucapkan lisan, serta menjadikan beratnya timbangan amal, dan menjadikan tambah dicintai oleh Allah, yaitu subhanallah wa bihamdihi subhanallahi al-‘adzim. (HR. Muslim).

Menurut Imam Munawi dalam kitab Faidhul Qodir menjelaskan bahwa hadis ini menganjurkan untuk selalu membiasakan membaca dua kalimat di atas, karena mudah diucapkan serta tak memberatkan bagi yang akan membacanya, lebih-lebih pahalanya yang luar biasa banyaknya sampai timbangan amal menjadi berat.

Hal ini diperkuat hadis lain yang menjelaskan keistimewaan kalimat di atas yang berbunyi:

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ: ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ: ” ﻣﻦ ﻗﺎﻝ: ﺳﺒﺤﺎﻥ اﻟﻠﻪ ﻭﺑﺤﻤﺪﻩ، ﻓﻲ ﻳﻮﻡ ﻣﺎﺋﺔ ﻣﺮﺓ، ﺣﻄﺖ ﺧﻄﺎﻳﺎﻩ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﻣﺜﻞ ﺯﺑﺪ اﻟﺒﺤﺮ. متفق عليه.

Baca Juga :  Anjuran Berwudhu Sebelum Tidur

Artinya;  Diriwayatkan dari Abu Hurairah berkata, “Bahwa Nabi Saw. bersabda, ‘Barang siapa yang mengucapkan subahanallah wabihamdihi, sebanyak seratus kali dalam sehari maka Allah SWT. akan menghapus dosanya walaupun sebanyak buih di lautan. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari penjelasan di atas, dapat kita petik pengetahuan, bahwa sesungguhnya banyak amalan yang mudah dikerjakan dan fungsinya sangat besar, tidak hanya urusan pahala, namun dosa kita bisa sirna alias diampuni oleh Sang Pencipta. Semoga amal kita diterima oleh Allah SWT.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here