Apa Warna Hewan Kurban yang Paling Utama?

1
5902

BincangSyariah.Com – Ketika seseorang hendak melakukan kurban, maka dia dianjurkan untuk memilih hewan terbaik untuk dijadikan kurban. Ada banyak kriteria yang menjadi ukuran hewan kurban terbaik yang ditunjukkan oleh praktik yang telah dilakukan oleh Nabi Saw. Mulai dari jenis hewan, jenis kelamin, anggota tubuh yang lengkap dan sempurna, postur tubuh yang bagus, dan juga dari warna bulu hewan kurban.

Di antara warna bulu hewan kurban yang paling utama dan paling dianjurkan adalah warna putih. Hewan yang berbulu putih lebih utama dijadikan hewan kurban dibanding yang lain. Hal ini karena Nabi Saw. pernah berkurban dengan dua domba yang dua-duanya berbulu putih.

Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik;.

أَنَّ اَلنَّبِيَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يُضَحِّي بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ, أَقْرَنَيْنِ, وَيُسَمِّي, وَيُكَبِّرُ, وَيَضَعُ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا. وَفِي لَفْظٍ: ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ

“Nabi Saw. biasa berkurban dengan dua gibas (domba jantan) putih yang bertanduk, lalu beliau mengucapkan nama Allah dan bertakbir, dan beliau meletakkan kedua kakinya di pipi kedua gibas tersebut (saat menyembelih). Dalam lafazh lain disebutkan bahwa beliau menyembelihnya dengan tangannya.”

Kata amlahaini dalam hadis di atas semakna dengan kata abyadhaini, kedua domba tersebut berwarna putih. Hal ini sebagaimana ditegasakan oleh Syaikh WahbahAzzuhaili dalam kitabnya Alfiqhul Islami wa Adillatuhu berikut;.

والبيضاء افضل من الغبراء والسوداء : لان النبي صلى الله عليه وسلم ضحى بكبشين املحين. والاملح : الأبيض

“Hewan yang berwarna putih lebih utama dibanding yang berwarna abu-abu dan hitam. Hal ini karena Nabi Saw. pernah berkurban dengan dua domba yang berwarna putih. Kata amlah semakna dengan abyadh, yaitu putih.

Menurut ulama Syafiiyah dan Hanabilah, urutan warna hewan terbaik untuk dijadikan kurban adalah sebagai berikut; putih, lalu kuning, afra’ atau kurang jelas warna putihnya, merah, dan belang-belang putih dan hitam, dan kemudian warna hitam. Hewan berbulu hitam menjadi urutan terakhir di antara warna yang lain.
Dalam sebuah hadis riwayat Imam Amad dan Imam Alhakim dari Abu Hurairah;

دم عفراء احب الى الله من دم سوداوين

“Darah hewan yang berbulu belang-belang putih dan hitam lebih dicintai Allah dibanding darah hewan berwarna gelap atau hitam.”

100%

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here