Waktu Terbaik Melaksanakan Shalat Sunnah Mutlak pada Malam Sabtu

0
2950

BincangSyariah.Com – Dalam fiqih, secara umum shalat sunnah dibagi dua; pertama muqayyad dan kedua mutlak. Yang dimaksud shalat sunah muqayyad adalah shalat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan pada waktu tertentu atau sebab kejadian tertentu. Misalnya, shalat Dhuha dianjurkan dilakukan pada waktu Dhuha, atau shalat Kusuf karena sebab terjadinya gerhana. (Baca: Tata Cara Shalat Gerhana Matahari)

Sementara yang dimaksud shalat sunnah mutlak adalah shalat sunnah yang dilakukan tanpa terikat waktu tertentu atau sebab kejadian tertentu. Oleh karena itu, shalat sunnah mutlak boleh dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu waktu tertentu dan sebab kejadian tertentu dengan tanpa batasan jumlah rakaat, selama bukan waktu-waktu terlarang shalat.

Namun demikian mengenai shalat sunnah mutlak pada malam Sabtu, dalam kitab Ihya Ulumiddin, Imam Al-Ghazali menyebutkan sebuah riwayat yang menjelaskan tentang waktu terbaik melakukan shalat sunnah mutlak pada malam Sabtu. Disebutkan bahwa shalat sunnah mutlak pada malam Sabtu dianjurkan untuk dikerjakan antara shalat Maghrib dan Isya’.

Begitu juga tentang bilangan jumlah rakaatnya. Disebutkan bahwa bilangan rakaat shalat sunnah mutlak antara Maghrib dan Isya’ pada malam Sabtu berjumlah dua belas rakaat. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat berikut;

قَالَ أنس قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلم من صلى ليلة السبت بين المغرب والعشاء اثنتي عشرة ركعة بنى له قصر في الجنة وكأنما تصدق على كل مؤمن ومؤمنة وتبرا من اليهود وكان حقاً على الله أن يغفر له

Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda; Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam Sabtu antara Maghrib dan Isya’ sebanyak dua belas rakaat, maka istana dibangun untuknya di surga, dia seperti bersedekah pada setiap orang mukmin laki-laki dan perempuan, dia berlepas diri dari Yahudi dan wajib bagi Allah untuk mengampuninya.

Baca Juga :  Bolehkah Mengakhirkan Shalat Sunnah Qabliyah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here