Waktu Terbaik Melaksanakan Salat Dhuha

0
2306

BincangSyariah.Com – Imam al-Ghazali menyebutkan dalam kitabnya Ihya Ulumiddin, bahwa waktu salat Dhuha dimulai sejak naiknya matahari dan berakhir sebelum waktu zuhur tiba ketika matahari sudah mulai tergelincir. Dari keseluruhan waktu tersebut, kita dianjurkan melaksanakan salat Dhuha, baik di awal pagi hari ketika matahari sudah mulai naik maupun setelahnya sampai sebelum waktu salat Zuhur tiba.

Dikisahkan oleh Sayyidina Ali bahwa Nabi Saw. pernah suatu ketika melaksanakan salat Dhuha enam rakaat dalam waktu dua kali, yaitu dua rakaat ketika matahari sudah mulai naik dan empat rakaat ketika matahari sudah panas. Dari kedua waktu tersebut, maka waktu terbaik untuk melaksanakan salat Dhuha adalah ketika matahari sudah terasa panas. Hal ini sebagaimana hadis riwayat Imam Muslim;

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ. إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ

“Zaid bin Arqam melihat sekelompok orang melaksanakan salat Dhuha, lantas ia mengatakan, ‘Mereka mungkin tidak mengetahui bahwa selain waktu yang mereka kerjakan saat ini, ada yang lebih utama. Rasulullah Saw. bersabda, “Salat awwabin (shalat Dhuha) yaitu ketika anak unta merasakan terik matahari.”

Lebih lanjut, Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa salat Dhuha sebaiknya dilaksanakan di waktu terbaik, yaitu ketika matahari sudah melewati seperempat hari atau pertengahan antara terbit matahari dan waktu zuhur.

ويكون الضحى على منتصف ما بين طلوع الشمس الى الزوال كما أن العصر على منتصف ما بين الزوال الى الغروب وهذا افضل الاوقات

“Salat Dhuha sebaiknya dilakukan pada pertengahan waktu antara terbitnya matahari dan waktu zuhur, seperti halnya salat Asar dilakukan antara waktu zuhur dan terbenamnya matahari. Dan ini (pertengahan waktu antara terbitnya matahari dan waktu zuhur) adalah waktu terbaik.”

Baca Juga :  Apakah Merokok Membatalkan Wudu?

Dari penjelasan di atas, maka waktu terbaik melakukan salat Dhuha adalah ketika matahari mulai terasa panas, atau sekitar jam 9 pagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here