Wajib Shalatkah Orang yang Lahir dalam Keadaan Tuli dan Buta?

0
1179

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, ketika seseorang sudah mencapai usia mukallaf, yaitu baligh dan berakal, maka dia wajib melaksanakan kewajiban agama seperti shalat dan lainnya. Namun ada sebagian ustadz yang menjelaskan bahwa ada sebagian orang Muslim yang tidak wajib melaksanakan kewajiban agama meskipun sudah baligh dan berakal, di antaranya adalah orang yang lahir dalam keadaan tuli dan buta. Benarkah demikian?

Terkait masalah ini, para ulama mengatakan bahwa orang yang terlahir dalam keadaan tuli dan buta, maka dia tidak dikenai beban untuk melaksanakan kewajiban agama seperti shalat fardhu, puasa Ramadhan dan lainnya. Ia dihukumi seperti orang yang tidak pernah mendapatkan ajaran agama karena tidak bisa mendengar dan tidak bisa melihat.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam al-Ramli dalam kitabnya Nihayatul Muhtaj berikut;

ولو خلق أعمى أصم أخرس فهو غير مكلف كمن لم تبلغه الدعوة

“Jika seseorang tercipta dalam keadaan buta, tuli dan bisu, maka dia tidak dikenai beban (melakukan kewajiban agama). Ia seperti orang yang tidak pernah mendapatkan dakwah agama.”

Dalam kitab Nihayatuz Zain, Imam Nawawi al-Bantani juga menyebutkan sebagai berikut;

ﻭﻛﺬﺍ ﻣﻦ ﺧﻠﻖ ﺃﻋﻤﻰ ﺃﺻﻢ ﻓﺈﻧﻪ ﻏﻴﺮ ﻣﻜﻠﻒ ﺑﺸﻲﺀ ﺇﺫ ﻻ ﻃﺮﻳﻖ ﻟﻪ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﺬﻟﻚ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﻧﺎﻃﻘﺎ ﻷﻥ ﺍﻟﻨﻄﻖ ﺑﻤﺠﺮﺩﻩ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﻃﺮﻳﻘﺎ ﻟﻤﻌﺮﻓﺔ ﺍﻷﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﺸﺮﻋﻴﺔ

“Demikian juga orang yang tercipta dalam keadaan buta dan tuli, maka dia tidak dituntut melakukan apapun karena tidak ada jalan baginya untuk mengerti hal itu, meskipun dia bisa bicara. Karena bisa bicara saja bukanlah jalan untuk mengetahui hukum-hukum syariat.”

Adapun jika tuli dan butanya bukan sejak lahir, tapi terjadi ketika sudah dewasa dan sebelumnya sudah mengetahui hukum-hukum syariat, maka dia wajib melakukan kewajiban agama seperti shalat, puasa Ramadhan dan lainnya. Ia dihukumi seperti orang normal pada umumnya.

Baca Juga :  Ujung Gaun Bersentuhan dengan Tanah, Sahkah Digunakan untuk Shalat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here