Urutan Hewan Kurban Paling Utama

0
1149

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa menurut kebanyakan ulama, hewan yang bisa dijadikan kurban adalah hewan ternak, atau di dalam Alquran disebut dengan bahimatul an’am, yaitu unta, sapi dan kambing. Dalam surah AlHajj ayat 34, Allah berfirman;

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَام

Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang telah diberikan kepada mereka berupa hewan ternak.”

Lalu dari ketiga jenis hewan ternak di atas, adakah yang lebih utama untuk dijadikan kurban?

Ada tiga pendapat ulama terkait urutan hewan yang lebih utama untuk dijadikan kurban. Ketiga pendapat tersebut sebagai berikut.

Pertama, menurut ulama Syafiiyah, Hanabilah, Dzahiriyah dan sebagian ulama Malikiyah, hewan yang paling utama untuk dijadikan kurban adalah unta, kemudian sapi dan terakhir kambing.

Pendapat ini didasarkan pada hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Saw. bersabda;

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

Barangsiapa mandi di hari Jumat sebagaimana mandi janabah, kemudian datang di waktu yang pertama, ia seperti berkurban seekor unta. Barangsiapa yang datang di waktu yang kedua, maka ia seperti berkurban seekor sapi. Barangsiapa yang datang di waktu yang ketiga, ia seperti berkurban seekor domba kibas.

Barangsiapa yang datang di waktu yang keempat, ia seperti berkurban seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang di waktu yang kelima, maka ia seperti berkurban sebutir telur. Apabila imam telah keluar (dan memulai khutbah), malaikat hadir dan ikut mendengarkan zikir (khutbah).

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Pahala Salat Semalam Suntuk di Bulan Ramadan

Dalam kitab Syarh Shahih Muslim, Imam Nawawi berkata bahwa hadis ini menunjukan keutamaan berkurban dengan unta, lalu sapi, dan kemudian kambing. Hal ini karena Nabi Saw. menyebut unta di urutan pertama, kemudian sapi di urutan kedua, dan ketiga kambing.

Kedua, menurut ulama Malikiyah, hewan yang paling utama dijadikan kurban adalah domba atau kambing, lalu sapi, dan kemudian unta.

Ketiga, menurut ulama Hanafiyah, hewan yang paling utama dijadikan kurban adalah hewan yang paling baik dan paling banyak dagingnya. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Ahmad, Albaihaqi dan Hakim, bahwa Nabi Saw. bersabda;

ان احب الضحايا الى الله اغلاها واسمنها

Sesungguhnya kurban yang paling dicintai Allah adalah hewan paling mahal dan paling gemuk.”



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here