Ucapan Selamat untuk Pengantin dalam Islam

2
282576

BincangSyariah.Com – Pernikahan adalah momen bahagia bagi sepasang laki-laki dan perempuan ketika mereka sah sebagai sepasang suami istri. Momen bahagia itu tak hanya mereka yang merasakan, sanak keluarga, tetangga, dan teman-teman mereka pun juga merasakan hal yang sama. Lalu, ucapan sekaligus doa apa yang sunnah diucapkan kepada sang pengantin?

Ucapan selamat untuk pengantin dalam Islam disunnahkan. Ucapannya adalah sekaligus doa. Berikut bacaan ucapan selamat untuk pengantin dalam Islam,

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khaiir.

Semoga Allah memberikan keberkahan untukmu dan atasmu, serta semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan.

Ucapan sekaligus doa tersebut berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah r.a. sebagai berikut.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَفَّأَ الإِنْسَانَ إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ: «بَارَكَ اللهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ» رواه الترمذي

Bahwasannya Nabi saw. jika mendoakan kepada seseorang ketika ia menikah, maka beliau bersabda, “Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khaiir.” (H.R. At-Tirmidzi)

Imam An-Nawawi (baca biografi An-Nawawi di sini) pun di dalam kitab Al-Adzkar berkata, “Ucapan yang sunnah diucapkan adalah Baarakallahu laka aw baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khaiir.” Dan disunnahkan pula untuk mengucapkan kepada masing-masing dari suami istri Baarakallahu likulli waahidi minkumaa fii shahibihi wa ja ma’a bainakumaa fi khaiir (Semoga Allah memberikan keberkahan kepada masing-masing dari kalian berdua pada yang pasangannya, dan semoga Dia mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan).”

Sementara itu, Imam Ibnu Qudamah menjelaskan di dalam kitab Al-Mughni, “Disunnahkan mengucapkan kepada seorang yang menikah, “Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khaiir wa ‘aafiyatin (Semoga Allah memberikan keberkahan untukmu dan atasmu, serta semoga Dia mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan dan kesehatan yang sejahtera).”

Demikianlah ucapan selamat untuk pengantin dalam Islam yang telah diajarkan oleh Nabi saw. Namun, diperbolehkan mendoakan dengan kalimat lain selama tidak mendoakan dalam keburukan. Karena sebagaimana diajarkan oleh Nabi saw. di atas, esensinya adalah kita dianjurkan untuk mendoakan kebaikan agar pengantin senantiasa diliputi keberkahan dalam mengarungi mahligai pernikahan. Wallahu A’lam bi as-Shawab.

100%

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here