Tips Salat Khusyuk menurut Pengarang Kitab “Fathul Muin”

0
2038

BincangSyariah.Com – Termasuk hal yang disunahkan dalam ibadah adalah bergegas melaksanakan salat dengan rasa semangat serta menyingkirkan rasa malas. Demikian menurut Imam Zainuddin al-Malibari, salah satu ulama mutaakhirin dari kalangan mazhab Syafiiyah, dalam kitab Fathul Muin.

Sikap demikian akan membantu seseorang dalam melaksanakan salat dengan penuh penyerahan, kebulatan hati dan sungguh-sungguh. Atau dalam pembahasan fikih ibadah disebut khusyuk. Setiap orang yang mendirikan salat sangat disunahkan agar khusyuk. Bahkan dalam salah satu pendapat mazhab syafiiyah, khusyuk merupakan syarat sah salat. Karena itulah Allah Swt. sangat memuji orang yang bisa melaksanakan salat dengan khusyuk.

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sembahyangnya, (QS. Almukminun; 1-2)

Selain itu, Allah swt dalam firman-Nya juga mencela orang yang melakukan salat dengan bermalas-malasan, sebab yang demikian bukanlah sifat seorang muslim sejati,

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلَاةِ قَامُوا كُسَالَىٰ يُرَاءُونَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا قَلِيلًا

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk salat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan salat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (QS. AnNisa; 142).

Agar bisa menghadirkan kekhusyukan dalam salat, pengarang kitab Fathul Muin tersebut menyebutkan beberapa tips yang bisa kita praktikkan dan yang pasti akan sangat bermanfaat bagi kita semua.

Pertama, mengosongkan hati. Mengosongkan hati bisa memudahkan kita untuk lebih menyerahkan diri kepada Sang Ilahi dan menghadirkan kekhusyukan dalam hati. Tidak hanya dari perkara-perkara duniawi, menurut Imam Zainuddin bahkan kita dianjurkan mengosongkan hati dari perkara-perkara akhirat jika hal tersebut bisa menghilangkan fokus dalam salat. Seperti membayangkan berapa banyak pahala yang akan didapatkan.

Baca Juga :  Tiga Perbuatan Sunah Sebelum Melaksanakan Salat Wajib

Saat mengosongkan hati, bisa memudahkan kita menghadirkan dalam hati seakan-akan kita melakukan salat di hadapan kebesaran Sang Pemilik kerajaan jagat raya, Zat Yang Maha Mengetahui sesuatu yang rahasia dan tersembunyi, Allah Swt. Hal itu bisa menstimulus rasa khusyuk selama salat

Kedua, berlama-lama saat sujud dan rukuk. Memanjangkan waktu rukuk dan sujud bisa melahirkan kekhusyukan. Selain itu menurut pada ulama saat rukuk dan sujud merupakan saat ketika seorang hamba dekat dengan Rabb-nya karena itu disunahkan membaca doa-doa ketika itu. Sayid Qutub berkata,

إن مما يورث الخشوع إطالة الركوع والسجود

“Sesungguhnya hal yang bisa mewariskan kekhusyukan adalah memanjangkan waktu rukuk dan sujud.”

Ketiga, mentadaburi bacaan salat. Mentadaburi atau memahami arti bacaan salat yang kita lafalkan. Allah Swt. bersabda,

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Alquran ataukah hati mereka terkunci?” (QS. Muhammad; 24).

Menurut Imam Zainuddin dengan memahami makna-makna surat dan bacaan dalam salat bisa membantu untuk menyempurnakan kebulatan hati dan kekhusyukan seseorang saat salat.

Keempat, menetapkan pandangan mata ke tempat sujud. Seseorang yang mendirikan salat disunnahkan menetapkan pandangan matanya ke tempat sujud. Sekalipun buta. Sebab hal itu bisa membantu kita khusyuk dalam salat. Ini juga disunahkan saat salat di hadapan Kabah, dalam keadaan gelap atau ketika salat jenazah. Adapun menutup mata saat salat agar khusyuk tidak dimakruhkan asal dia tidak khawatir terjadi hal berbahaya.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here